Tenis Lapangan: Pengertian, Sejarah, Kejuaraan, Teknik

In Olahraga 41 views

Wajib Diketahui Semua Tentang Permainan Tenis Lapangan Sebelum Memainkannya

Permainan tenis lapangan menjadi salah satu cabang olahraga bola kecil. Tenis lapangan menggunakan sebuah net yang digunakan sebagai pembatas antara pemain. Tenis lapangan dapat dimainkan oleh dua orang maupun dua pasang yang saling melawan. Tenis lapangan menggunakan raket untuk memukul bola kecil supaya dapat melewati net dan memantul ke bagian lapangan lawan. Tenis lapangan dimainkan pada semua orang dalan masuk dalam kejuaraan tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Sejarah

Sejarah tentang permainan tenis lapangan terdapat banyak pernyataan. Terdapat bagian yang menyebutkan bahwa tenis lapangan sudah dimainkan pada zaman Yunani Kuno, namun ada yang menyatakan bahwa tenis lapangan sudah ada sejak zaman Mesir Kuno. Akan tetapi, terdapat bukti yang mengarah ke Perancis bahwa sekitar abad ke-12 Masehi permainan tenis sudah ada. Namun, saat itu permainan tenis tidak dimainkan menggunakan raket sebagai pemukulnya, tetapi hanya menggunakan tangan.

Memasuki abad ke-16 Masehi permainan tenis semakin berkembangan dan mulai diperkenalkannya raket sebagai alat pemukul. Saat itu permainan tenis tersebut dikenal dengan nama “tenez” yang berarti tahan, terima, ambil. Abad ke-19 Masehi tenis lapangan semakin popular ke seluruh dunia dengan perkembangan yang semakin pesat. Masa ini juga mulai di berlakukan peraturan dan alat-alat yang harus digunakan. Awal diperkenalkannya tenis, bola yang digunakan terbuat dari kayu, namun saat ini sudah menggunakan bola yang terbuat dari karet.

Tahun 1896 dilaksanakan olimpiade pertama olahraga tenis lapangan. Perkembangan tenis yang semakin pesat menjadi alasannya dibentuknya International Tennis Federation atau biasa disingkat menjadi ITF. Federasi yang berpusat di London, Inggris ini memiliki anggota 205 asosiasi tenis nasional.

Cara Bermain Tenis Lapangan

apa itu tenis lapangan

Permainan tenis lapangan dapat dilakukan oleh pasangan maupun sendiri, yaitu secara ganda maupun single. Pemain tenis harus memukul bola tenis ke bagian lapangan lawan. Para pemain harus gesit bergerak mengikuti arah bola yang dipukul dari lawan. Hindari melakukan kesalahan saat bermain tenis lapangan. Permainan tenis terdiri dari tiga set dan pemain dinyatakan sebagai pemenang saat pemain mampu memenangkan dua set.

Setiap set terdiri dari game/game dan tujuan pemain adalah mampu mencapai ke game 6 terlebih dahulu. Setidaknya harus ada satu perbedaan pertandingan dua diantar pemain supaya set ke ujung ada. Apabila 6/6 bertahan dalam permainan tenis, maka tie-break harus dimainkan sebagai permainan ekstra. Pemain yang dapat memenangkan game ini dan mencapai game 7 terlebih dahulu, maka pemain ini yang dinyatakan memenangkan set.

Permainan tenis lapangan diselingi dengan aturan 15, 30, 40, hal ini berarti bahwa setiap kali pemain menang, maka pemain akan memperoleh 15, kemudian pergi ke 30 hingga permainan setelah 40. Apabila pemain tenis mampu memperoleh satu gerakan lagi, maka pemain tersebut memperoleh permainan saat ia mempunyai keunggulan 2 yang dimainkan. Apabila tetap 40/40, maka disebut sebagai deuce. Permainan tenis hanya akan berakhir saat salah satu pemainnya mencapai keuntungan dari permainan dua. Banyak yang mengatakan bahwa Permainan Tenis Lapangan lebih mirip dengan permainan bulutangkis dibandingkan permainan tenis meja

Kejuaraan Tenis Lapangan Dunia

Permainan tenis lapangan juga terdapat klub atau perkumpulan. Tahun 1872, Leamington menjadi klub tenis pertama yang didirikan di Perancis oleh J.B. Perera, Frederick Haynes, Harry Gem, Dr., dan juga Dr. Arthur Tompkins. Pada tahun tersebut tenis disebut sebagai lawn rackets atau mada juga yang menyebutnya Pelota. Tahun 1874 tenis mulai dimainkan di Amerika Serikat oleh F.R. Sears dan juga Dr. James Dwight. All England Croquet Club didirikan tahun 1868 dan dua tahun setelahnya membuka kantor di Jalan Worple, Wimbledon.

raket tenis lapangan

Tahun 1875 klub tersebut juga memperuntukkan sebagian dari lahannya untuk permainan tenis. Selanjutnya peraturan permainan tenis lapangan dibentuk. Klub pertama Amerika Serikat berdiri di Staten Island yang juga sebagai penanda perkembangan tenis yang semakin pesat. Kejuaraan tenis pertama dimulai tahun 1877. Turnamen tenis yang terkenal hingga saat ini, antara lain:

  1. Piala Davis

Piala Davis challenge di tahun 1928 dibangun stadium tenis baru di Porte d’Auteuil.

  1. Wimbeldon/All-England

Turnamen tenis yang diadakan bulan Juni atau Juli dalam selang sekitar dua minggu di setiap tahunnya.

  1. Roland Garros (Perancis Terbuka)

Kejuaraan turnamen tenis yang berlangsung selama dua minggu dari pertengahan Mei sampai awal Juni di setiap tahunnya. Turnamen berlangsung di Paris, Perancis. Tahun 1925 Perancis Terbuka mulai diadakan dengan peserta internasional yang selanjutnya turnamen berlangsung di lapangan rumput Racing Club de France dan Stade Francais.

  1. AS Terbuka

Kejuaraan ini berawal dari dua jenis turnamen yang berbeda, yaitu turnamen putera dan turnamen putri. Kejuaraan AS Terbuka dimulai tahun 1881 yang awalnya bernama U.S National Singles Championship, saat itu hanya mempertandingkan turnamen tenis tunggal putra.

  1. Australia Terbuka

Kejuaraan ini rutin diadakan pada bulan Januari untuk setiap tahunnya di Melbourne, Australia.

International Tennis Federation menjadi induk organisasi tenis internasional, sedangkan di Indonesia induk organisasi tenis dikenal dengan sebutan Persatuan Tenis Seluruh Indonesia atau PELTI. Pemain tenis yang berhasil mengikuti seluruh kejuaraan tersebut dan berhasil memenangkan keempat gelar, maka pemain tersebut telah mencapai Grand Slam. Istilah tersebut pertama kali digunakan oleh wartawan Amerika Serikat yang bernama John Kieran pada tahun 1933 untuk menjelaskan usaha Jack Crawford, yaitu pemain tenis yang berasal dari Australia.

Kieran mencoba membandingkan usaha yang telah dilakukan oleh Crawford dengan kalimat sebuah grand slam dalam bridge yang dapat mudah dibalas dan juga lemah. Saat itu ternyata Crawford belum berhasil mendapatkan gelar grand slam. Sedangkan orang pertama yang berhasil mendapatkan gelar grand slam adalah Donald Budge di tahun 1938.

Teknik Dasar Tenis Lapangan

Teknik dasar dalam permainan tenis lapangan adalah sebagai berikut.

  1. Teknik Memegang Raket

Bermain tenis lapangan dibutuhkan teknik dalam memegang raket yang baik dan benar supaya dapat memaksimalkan pukulan. Berikut ini beberapa teknik dalam memegang raket.

  • Forehand Eastern

Teknik yang dilakukan seperti berjabat tangan. Teknik ini cocok digunakan bagi pemain yang sedang belajar tenis.

  • Continental

Teknik dasar yang sudah ada semenjak awal kemunculan tenis, yaitu posisi tangan berada di atas gagang raket.

  • Western

Teknik yang cocok digunakan saat melakukan pukulan topsin. Teknik ini dilakukan seperti layaknya memegang gagang panci.

  1. Teknik Servis

Servis merupakan awalan yang dilakukan untuk memulai pertandingan tenis. Berikut ini beberapa teknis servis yang dapat dilakukan:

  • Flat Serve

Merupakan teknik yang digunakan untuk menghasilkan pukulan keras dan cepat.

  • Kick Serve

Merupakan teknik yang dilakukan dengan cara melempar bola sampai di atas kepala, kemudian memukul bola dengan sangat keras.

  • Twist Serve

Merupakan teknik yang mirip dengan kick serve, namun posisi mengayunkan raket lebih jauh.

  • Slice Serve

Merupakan teknik yang bertujuan mengejutkan lawan, sehingga sulit bagi lawan dalam mengembalikannya. Teknik ini sangat mematikan bagi lawan.

  1. Teknik Pukulan

Permainan tenis lapangan juga mempunyai berbagai teknik pukulan yang dapat dilakukan, antara lain:

  1. Pukulan chop
  2. Forehand drive
  3. Backhand drive
  4. Pukulan voli
  5. Pukulan overhead smash
  6. Pukulan melambung/lob
  7. Groundstroke
  8. Spin
  9. Slice/Chop
  10. Passing Shot
  11. Dropshot

Lapangan Dan Perlengkapan Tenis Lapangan

Permainan Tenis memiliki Lapangan yang berbentuk persegi panjang. Ukuran panjang lapangan 23,78 m yang berlaku untuk permainan ganda maupun tunggal. Ukuran lebar lapangan adalah 8,23 m untuk permainan tenis tunggal dan 10,97 untuk permainan tenis ganda. Lapangan dibagi menjadi dua wilayah yang dipisahkan dengan net atau sebuah jaring yang posisinya tepat berada tengah. Ketinggian net mencapai 910 mm dari tanah. Lapangan tenis dapat dibagi menjadi beberapa tipe menurut material pembentuknya, yaitu:

  1. Lapangan rumput
  2. Lapangan semen
  3. Lapangan tanah liat

Sistem Pertandingan Tenis Lapangan

Permainan tenis lapangan dilangsungkan hingga 5 set untuk dapat menentukan pemenangnya. Para pemain tenis berdiri pada posisi yang saling berlawanan secara diagonal untuk mengawali permainan. Salah satu pemain akan melakukan servis atau memukul bola pertama sebagai pembuka permainan, dan pemain lainnya sebagai lawan harus menerima.

Standar perhitungan yang dipakai dalam tenis lapangan diantaranya nol/love, 15, 30, dan juga 40. Saat pemain mendapatkan seri dengan poin 40 maka akan dinyatakan deuce. Selanjutnya, setiap pemain akan berusaha merebut dua poin secara berturut turut. Pemain yang berhasil menangkannya akan mendapatkan nilai 1. Pemain harus berhasil mengumpulkan nilai hingga 6 game. Saat pemain berhasil merebut 6 game, maka pemain akan memenangkan satu set.

Permainan tenis lapangan membuat penasaran bukan? Anda bisa mencobanya sendiri untuk bermain tenis dengan teman anda. perlengkapan yang harus anda persiapakan adalah raket dan bola. Selanjutnya, anda bisa mencari lapangan tenis yang tersedia maupun menyewa. Anda bisa menggunakan raket yang ringan dengan bobot 1,5 ons hingga 12,62 ons. Anda juga bisa memilih menggunakan raket kategori berat dengan bobot 14,5 ons hingga 15 ons. Sedangkan, raket kategori sedang mempunyai bobot 12,62 ons hingga 14,5 ons.

Lakukan olahraga tenis untuk membuat badan sehat. Anda bisa mencoba untuk permulaan, hingga anda muali terbiasa. Siapa sangka nanti Anda akan menjadi pemain tenis profesional?

Pengertian Sepak Bola, Teknik, Tujuan, Sejarah & Aturan
Pengertian Sepak Bola, Teknik, Tujuan, Sejarah & Aturan
Apa Itu Sepakbola? Daftar Isi Apa Itu
Loncat Indah: Pengertian, Sejarah, Peraturan dan Gaya
Loncat Indah: Pengertian, Sejarah, Peraturan dan Gaya
Teknik Dasar Loncat Indah Dan Peraturan Penting
Lempar Lembing – Pengertian, Sejarah, Teknik, Cara
Lempar Lembing – Pengertian, Sejarah, Teknik, Cara
Lempar Lembing, Olahraga Gabungan Dari Kecepatan, Kekuatan,
Tolak Peluru: Pengertian, Gaya, Teknik, Peraturan
Tolak Peluru: Pengertian, Gaya, Teknik, Peraturan
Tolak Peluru: Olahraga Yang Memperkuat Otot Tangan,
Must read×

Top