Permainan BOLA VOLI : Pengertian, Sejarah, Peraturan, Teknik Dasar

Apa itu Bola Voli ?

Anda penyuka olahraga bola voli? Jika iya, berarti tepat sekali jika anda membaca artikel berikut ini. Bola voli adalah salah satu cabang olahraga yang tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Terlebih lagi Indonesia dengan bentangan panjang pantai cukup panjang. Biasanya bola voli banyak dilakukan di tepi pantai dengan sebutan bola voli pantai.

apa itu bola voli

apa itu bola voli

Nah, kira-kira apa saja yang perlu anda ketahui mengenai permainan bola voli? Berikut penjelasannya.

Pengertian Permainan Bola Voli

Jika dilihat secara umum, pengertian permainan bola voli adalah cara bermain bola dengan menjatuhkan bola di lapangan lawan untuk mencetak scor sebanyak mungkin. Namun secara lengkap, pengertian permainan bola voli adalah sebuah permianan bola yang dilakukan oleh dua kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 6 orang. Untuk mempermudah penghitungan scor, diantara 2 kelompok tersebut dihalangi oleh net dengan ketinggian menyesuaikan.

Tujuan bola voli ini adalah untuk menjatuhkan bola di lapangan lawan dengan melewati di atas net. Setiap kelompok diberi kesempatan untuk memantulkan bola sebanyak 3 kali sebelum mengantarkan bola ke lapangan lawan. Dan lawan diperbolehkan menangkis bola agar bola tersebut tidak jatuh pada lapangannya.

Sejarah Permainan Bola Voli

Sebelum mendunia dan dijadikan sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan, bola voli terlebih dahulu ditemukan oleh seorang instruktur kesehatan jasmani yang bernama William George Morgan di Holyoke, Massacusetts, Amerika Serikat pada tahun 1895.

Tak hanya buah pemikirannya sendiri. Morgan Menemukan permainan ini terinspirasi dari penemu bola basket, James Naismith. Dengan menggabungkan permainan bola tangan, bola basket, tenis, dan baseball, maka terciptalah sebuah permainan baru bernama mintonette. Pertama kali dipertandingkan, mintonette ini dimainkan dalam event Internasional YMCA Training Scool pada tahun 1896 Dan saat itu pula, mintonette resmi berubah nama menjadi volly ball.

Sejarah Permainan Bola Voli Di Indonesia

Setelah dikenal di beberapa negara, akhirnya bola voli masuk di Indonesia pada tahun 1928. Awalnya permainan ini diperkenalkan oleh Belanda. Dimana guru pendidikan jasmani di sekolah-sekolah berasal dari Belanda. Tak berselang lama, permainan ini akhirnya banyak dilakukan oleh para tentara baik tentara dari Belanda maupun dari Indonesia.

Karena begitu pesatnya perkembangan bola voli ini maka pada 22 Januari 1955, resmi lahirlah PBVSI atau persatuan bola voli seluruh Indonesia. Dan hingga sampai saat ini, bola voli banyak dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga yang ada di Indonesia.

Peraturan Teknik Dasar Bola Voli

Jika anda ingin menjadi seorang atlet bola voli, maka anda diharuskan untuk menguasai teknik dasar permainan bola voli. Apa saja kira-kira teknik dasar tersebut? Berikut penjelasannya.

  1. Service

Service pada bola voli

Service pada bola voli

Secara sederhana, pengertian service adalah pukulan awal dari luar lapangan untuk memulai permainan. Ada beberapa jenis service yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Service Lompat

Adalah cara service dengan melompat saat memukul bola yang telah melambung ke udara dan mengarahkannya pada lapangan lawan.

  • Service Bawah

Berbeda dengan cara service lompat, service bawah ini dilakukan dengan cara melambungkan bola secukupnya ke udara, lalu dengan tangan mengepal, pemain melakukan pukulan bola dari bawah yang diarahkan pada lapangan lawan.

  • Service Atas

Berkebalikan dengan service bawah. Pada service atas ini pemain melempar bola ke atas dengan ketinggian tertentu. Lalu dengan menggunakan telapak tangan bola diarahkan pada lapangan lawan.

  • Service Samping

Hampir seperti service atas dimana bola dilempar ke atas dengan ketinggian tertentu. Setelah itu, pemain memukul bola dari samping atau gerakan memutar agar bola terlempar ke lapangan lawan.

  1. Passing

pasing pada bola voli

pasing pada bola voli

Adalah pemberian umpan pada lawan atau kawan. Ada 2 jenis passing, yaitu:

  • Passing Bawah

Passing ini biasa dilakukan saat menerima umpan dari lawan. Dilakukan pada saat bola yang datang lebih rendah daripada posisi kepalanya pemain.

  • Passing Atas

Berkebalikan dengan passing bawah. Dimana passing ini dilakukan pada saat bola yang datang berposisi di atas kepala pemain. Biasa dilakukan saat mendapat umpan baik dari lawan maupun kawan satu tim.

  1. Smash

smash pada bola voli

smash pada bola voli

Adalah salah satu gerakan serangan agar bola bisa cepat jatuh di lapangan lawan. Smash ini bisa dilakukan dengan berbagai teknik, antara lain:

  • Quick Smash

Saat penyerang sudah melompat dan memukul bola, quick smash ini bisa dilakukan oleh pemain bagian depan atau tengah.

  • Semi Smash

Adalah smash yang dilakukan pada saat setter memberikan umpan bola namun tidak terlalu tinggi. Lalu penyerang akan segera memukul bola setelah mengetahui ke mana arah bola melayang.

  • Push Smash

Smash ini dilakukan saat setter memberikan umpan yang terlalu tinggi. Sehingga penyerang harus berlari dan melompat untuk bisa memukul bola.

  • Ace Smash

Merupakan smash yang dilakukan oleh seorang ace dengan memukul bola keras agar jatuh ke area lapangan lawan.

  • Pull Smash

Adalah gabungan antara quick smash dan semi smash. Gerakan ini sengaja dilakukan untuk mengecoh lawan sehingga bola bisa masuk ke area lapangan lawan.

  1. Blocking

blocking pada bola voli

blocking pada bola voli

Adalah sebuah gerakan untuk menghalau gerakan smash dari lawan agar bola tidak berhasil melewati area net. Selain menghalau, gerakan blocking juga digunakan agar bola bisa jatuh kembali ke lapangan lawan.

Yang bertugas melakukan blocking adalah pemain di barisan paling depan. Pemain di barisan paling belakang dilarang melakukan blocking. Selain pemain paling depan, blocking juga dilakukan oleh pemain dengan poster tubuh yang tinggi.

Cara Bermain Bola Voli

  1. Jumlah Pemain Dalam Satu Tim

Jumlah pemain dalam satu tim permainan bola voli sebanyak 6 pemain atau 12 pemain untuk 2 tim saat bertanding. Jika tidak ada 6 orang dalam satu tim, aturlah bagaimana caranya agar jumlah pemain bisa menguasai berbagai bentuk serangan dari lawan.

  1. Cara Serve Bola

Serve bola dilakukan di luar garis lapangan. Sekali serve akan dihitung sebagai satu score saat mampu melewati net dan jatuh pada lapangan lawan.

  1. Cara Menembak Bola

Saat ingin mengembalikan bola dari pukulan lawan, maka pemain dapat memantulkan bola langsung ke lapangan lawan atau bisa juga memberikan umpan terlebih dahulu kepada teman satu tim. Setelah itu teman satu tim bisa melakukan smash bola ke lapangan lawan.

  1. Menerapkan Strategi

Strategi terbaik harus dilakukan agar bisa memenangkan permainan. Bagaimana cara mengatur agar bola bisa jatuh ke lapangan lawan tanpa ada umpan balik dari lawan.

  1. Cara Menghitung Score Pemain

Dalam satu kali permainan, pemain harus mencetak angka 25 dan selisih poin minimal harus 2 poin. Tidak boleh hanya satu poin saja. Permainan bola voli ini hanya bisa dilakukan 3 set hingga memperoleh pemenangnya.

Bagaimana? Mudah, bukan? Anda masih mempunyai informasi lain seputar permainan bola voli? Silakan bagikan pada kolom komentar di bawah ini. Dan jangan lupa juga untuk membaca tentang apa itu renang di blog ini.

Pengertian Sepak Bola, Teknik, Tujuan, Sejarah & Aturan
Pengertian Sepak Bola, Teknik, Tujuan, Sejarah & Aturan
Apa Itu Sepakbola? Daftar Isi Apa Itu
Loncat Indah: Pengertian, Sejarah, Peraturan dan Gaya
Loncat Indah: Pengertian, Sejarah, Peraturan dan Gaya
Teknik Dasar Loncat Indah Dan Peraturan Penting
Lempar Lembing – Pengertian, Sejarah, Teknik, Cara
Lempar Lembing – Pengertian, Sejarah, Teknik, Cara
Lempar Lembing, Olahraga Gabungan Dari Kecepatan, Kekuatan,
Tolak Peluru: Pengertian, Gaya, Teknik, Peraturan
Tolak Peluru: Pengertian, Gaya, Teknik, Peraturan
Tolak Peluru: Olahraga Yang Memperkuat Otot Tangan,
Must read×

Top