Pengertian Bulu Tangkis, Sejarah, Ukuran Lapangan, Teknik

In Olahraga 289 views

Tahu Lebih Dalam Tentang Olahraga Dunia, Bulutangkis

Bulutangkis sudah menjadi sebuah cabang olahraga yang dikenal di masyarakat. Permainan yang sering diikutkan di dalam lomba-lomba bergengsi ini banyak diikuti baik di kalangan para atlet maupun masyarakat kelas bawah. Di perlombaan kampung  hingga tingkat dunia banyak dilakukan lomba bulutangkis. Terkadang permainan juga, hanya sebagai ajang persahabatan, permainan untuk mengisi waktu dan olah tubuh di kelompok-kelompok masyarakat. Permainan yang sudah sangat populer ini dikenal di hampir seluruh belahan bumi.

Pengertian Bulutangkis

apa itu bulutangkis

apa itu bulutangkis

Bulutangkis merupakan salah satu cabang olahraga permainan yang menggunakan sebuah alat pemukul dengan yang dipukul (shuttlecock). Permainan dapat dilakukan secara tunggal ataupu berpasangan (ganda).  Permainan ini sering disebut juga badminton. Permainan dilakukan dengan cara berhadapan, di mana antara pemain dan lawan dipisahkan dengan sebuah net atau jaring.

Shuttlecock dipukul menggunakan raket menuju arah lawan melewati bagian atas jaring. Nilai dicetak berdasarkan atas shuttlecock yang tidak mampu ditangkap dan dikembalikan oleh atau kepada lawan. Pukulan yang sulit dikembalikan karena keras dan membanting disebut smash. Cabang permainan olahraga ini termasuk yang selalu diikutkan di dalam turnamen-turnamen bergengsi dunia seperti Piala Dunia, Olimpiade, dan lain sebagainya. Indonesia pernah harum namanya ketika Rudi Hartono memenangkan bulutangkis di All England pada tahun 1960-1970 selama 8 kali secara berturut-turut.

Sejarah Bulutangkis

Permainan olahraga yang menggunakan shuttlecock atau sering disingkat cock atau kok ini sudah ada di bumi sejak sekitar 2000 tahun yang lalu. Perkembangan awal bulutangkis berdasarkan sejarah awal ditemukan di Mesir kuno, India, dan Republik Rakyat Tiongkok. Di Tiongkok, permainan ini disebut dengan istilah Jianzi. Yang unik adalah Jianzi dimainkan tanpa raket atau pemukul melainkan menggunakan kaki.

Prinsip dari permainan adalah mencegah kok mengenai tanah. Jadi pemain berupaya bagaimana menghindarkan kok menyentuh tanah dengan selalu menangkap memakai kaki tanpa peran tangan. Adapun di wilayah Inggris juga mengenal permainan ini mulai masa renaisans atau zaman pertengahan. pada waktu itu permainan battledoresdan shuttlecock sedang terkenal. Alat pemukul disebut battledores berupa tongkat yang berbentuk dayung. Prinsip permainan adalah menjaga supaya kok tidak sampai menyentuh tanah. Permainan ini sangat populer di Inggris terutama pada tahun 1854.

Popularitas battledores dan shuttlecock disebarkan hingga ke daratan Asia Timur antara lain Jepang, Republik Rakyat Tiongkok dan Siam. Akhirnya permainan menggunakan kok ini tersebar luas di wilayah Asia dan Eropa dan menjadi ajang permainan anak-anak. Pada abad ke-19, seorang tentara Britania yang sedang bertugas di wilayah India menciptakan olahraga permainan menggunakan kok dengan sistem perlombaan atau kompetisi. Untuk melengkapi ditambahkan jaring. Antar pemain dibatasi jaring.

Kemudian kok dipukul melewati jaring. Kok yang menyentuh tanah area lawan ditingung menjadi nilai. Karena diciptakan di Pune India maka permainan dikenal awal dengan nama Puuna. Permainan dibawa kembali ke Inggris di tahun 1850 an dan mulai dikenal dengan istilah badminton battledores. Untuk selanjutnya permainan ini dikenal meluas di seluruh dunia dan dikuasai secara baik oleh pemain-pemain wilayah Asia Timur serta Asia Tenggara. Negara-negara Skandinavia juga sangat didominasi permainan ini.

Ukuran Lapangan

ukuran lapangan bulutangkisBentuk lapangan bulutangkis adalah persegi panjang yang terbagi menjadi dua bidang yang dipisahkan oleh net atau jaring. Kedua bidang terletak saling berhadapan dan di dalam sati bidang persegi panjang yang sama. Net dibentangkan di tengah seolah membagi area menjadi dia bagian yamg sama persis. Di dalam atea lapangan terdapat beberapa garia permainan, yaitu garis servis depan,  garis servis tengah, garis servis samping yang dikhususkan untuk permainan bulutangkis tunggal di sisi kiri dan kanan serta garis servis belakang khusus untuk permainan bulutangkis ganda.

Garis memiliki ketebalan masing-masing 40 mm. Adapun warna garis haris kontras dengan lantai lapangan. Secara umum garis yang disarankan berwarna putih atau kuning. Lantai bulutangkis bisa berupa lantai biasa ataupun ubin dan bisa juga dengan rumput. Di kampung-kampung masih menggunakan tanah biasa. Secara formal disarankan lantai permukaan lapangan terutama untuk keperluan turnamen adalah menggunakan lantai sintetis bisa berupa kayu. Sebaiknya, lantai lunak supaya tidak mengakibatkan cidera pemain jika terpeleset dan lain sebagainya.

 Ukuran lapangan badminton ditetapkan berdasarkan ketentuan dari Federasi Badminton Internasional (IBF) yang juga, dikenal dengan Federasi Dunia Badminton. Indonesia memiliki PBSI yang merupakan kependekan dari Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia yang sekaligus menjadi organisasi pelindung pemain bulutangkis seluruh Indonesia.

Standar ukuran lapangan adalah sebagai berikut ini.

  • Ukuran Panjang untuk lapangan badminton adalah 13,40 meter.
  • Panjang lapangan sebesar 6,10 meter.
  • Garis servis depan dengan garis net memiliki jarak sebesar 1,98 meter.
  • Garis servis tengan dengan garis, samping pada lapangan memiliki jarak 3,05 meter.
  • Garis lapangan menuju garis servis belakang untuk permainan bulutangkis ganda diberikan jarak 0,76 meter.
  • Garis tepi lapangan dengan garis, samping pada permainan bulutangkis tunggal mempunyai jarak 0,46 meter.
  • Tiang untuk net mempunyai tinggi 1,55 meter.
  • Net atau jaring memiliki tinggi 1,52 meter.

Untuk badminton anak, diberlakukan lapangan mini. Lapangan mini diperuntukkan pemain yang memiliki usia di bawah 9 tahun. Ukuran lapangan memiliki lebar 4,40 meter dengan panjang 10,05 meter.

Teknik Dan Perlengkapan Bulutangkis

Bulutangkis memiliki perlengkapan yang harus disediakan sebagai berikut.

  1. Shuttelcock

Shuttlecock merupakan bola khusus bulutangkis berbentuk unik, dengan bagian bawah membulat dan bagian atas terbuat dari rangkaian bulu. Shuttlecock yang Bagus adalah ringan tetapi stabil ketika melayang di udara. Untuk permainan berkelas sebaiknya menggunakan shuttlecock dengan merek yang sudah cukup dikenal sebagai shuttlecock standar. Jangan menggunakan merek palsu karena bisa kurang stabil.

  1. Raket

Raket sebaiknya disesuaikan dengan kondisi diri seperti gagsng dan panjang gagang. Nyaman tidaknya di dalam genggaman. Pilih raket yang ringan namun kuat. Raket yang berat membuat tangan mudah letih sehingga permainan menjadi kurang optimal. Senar harus yang kuat serta tidak mudah putus.

  1. Sepatu

Perlu menggunakan sepatu sport yang ringan dan anti selip sehingga memudahkan pergerakan.

  1. Tas Raket

Tas raket digunakan untuk menyimpan raket supaya awet dan tidak mudah rusak.

  1. Pakaian

Pakaian harus yang ringkas dan menyerap keringat. Serta nyaman untuk bergerak.

Adapun untuk bermain bulutangkis tekniknya adalah permainan dilakukan dengan memukul kok menggunakan raket kemudian melemparkannya ke lawan. Lawan akan berusaha mengembalikan kok balik dan mencegah kok menyentuh lantai. Semua kok dilambungkan melewati net dan jatuhnya kok tidak boleh di luar garis, tepi lapangan.

Adapun teknik bermain adalah sebagai berikut.

  1. Memegang Raket

Untuk menghasilkan pukulan yang tepat dan jitu, cara memegang raket menjadi utama untuk diperhatikan. Cara memegang raket menentukan kualitas pukulan kok. Terdapat dua teknik memegang raket yaitu forehand dan backhand. Forehand menggunakan cara memegang raket menyamping seperti saat sedang berjabat tangan. Backhand juga menyamping pegangannya tetapi posisi ibu jari dan telunjuk lebih dekat dibandingkan dengan forehand.

  1. Pukulan Kok

Pukulan untuk kok yang paling banyak dipakai adalah menggunakan teknik forehand.  Caranya adalah dengan mengayunkan badan ke arah belakang lalu digerakkan menuju arah depan raket, adapun posisi tangan berhadapan dengan kok.

  1. Kaki

Gerakan kaki menentukan kestabilan tubuh pemain dan juga, menentukan kualitas pukulan. Kaki yang lincah bergerak mengikuti arah bola kom akan sangat berpengaruh ketika lawan melempar kok ke arah tak terduga.

  1. Badan

Posisi tubuh menyeimbangkan gerak tangan dan kaki sangat mempengaruhi kelincahan ketika sedang menghadapi arah kok yang dilempar lawan. Badan haris tegap dan membentuk keseimbangan mengikuti langkah dan ayunan tangan. Posisi badan harus bertumpu secara imbang pada kaki kanan dan kiri. Sementara itu, lutut ditekuk dan selanjutnya berdiri dengan posisi ujung kaki sampai pinggang dalam posisi tegak.

Demikian tentang permainan olahraga bulutangkis. Semoga menambah wawasan.

Pengertian Sepak Bola, Teknik, Tujuan, Sejarah & Aturan
Pengertian Sepak Bola, Teknik, Tujuan, Sejarah & Aturan
Apa Itu Sepakbola? Daftar Isi Apa Itu
Loncat Indah: Pengertian, Sejarah, Peraturan dan Gaya
Loncat Indah: Pengertian, Sejarah, Peraturan dan Gaya
Teknik Dasar Loncat Indah Dan Peraturan Penting
Lempar Lembing – Pengertian, Sejarah, Teknik, Cara
Lempar Lembing – Pengertian, Sejarah, Teknik, Cara
Lempar Lembing, Olahraga Gabungan Dari Kecepatan, Kekuatan,
Tolak Peluru: Pengertian, Gaya, Teknik, Peraturan
Tolak Peluru: Pengertian, Gaya, Teknik, Peraturan
Tolak Peluru: Olahraga Yang Memperkuat Otot Tangan,
Must read×

Top