Category: Olahraga

Pengertian Sepak Bola, Teknik, Tujuan, Sejarah & Aturan

Pengertian Sepak Bola, Teknik, Tujuan, Sejarah & Aturan

Apa Itu Sepakbola?

Sepak bola merupakan permainan olahraga beregu yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat kelas manapun. Permainan yang mendunia dan hampir ada di semua negara tersebut saat ini bahkan menjadi salah satu cabang permainan dalam olahraga paling penting di dunia karena mampu membawa nama sebuah wilayah ataupun negara. Cabang olahraga ini menggunakan bola sepak dari bahan kulit. Hanya saja untuk sepak bola anak-anak dan permainan kampung, sering menggunakan bahan plastik yang ringan sekedar untuk memperkenalkan pada anak bagaimana bermain bola dan sekedar bersenang-senang.

Sepak Bola, Cabang Permainan Olahraga Yang Mendunia

apa itu sepakbola

Olahraga ini memiliki anggota 11 orang pemain utama dan beberapa orang pemain cadangan. Oleh karena itu kelompok pemain sepak bola sering disebut juga dengan istilah kesebelasan. Satu orang oemainnjnti bertugas sebagai penjaga gawang atau keeper. Penjaga gawang hanya bekerja menangkap dan menghindarkan bola lawan masuk ke dalam gawang karena kemenangan dinilai dari jumlah gol atau tendangan masuk bola ke dalam gawang lawan. Pada permainan sepak bola profesional dihadirkan wasit dan pencatat gol.

Sejarah Permainan Sepak Bola

Sepak bola memiliki alur sejarah berdasarkan penyusunan awal mula sepak bola oleh budayawan. Pada masa kuni tepatnya pada tahun sebelum Masehi sudah ditemukan cikal bakal permainan bola kaki ini. Berdasarkan atas penuturan FIFA, secara resmi dinyatakan bahwa sepak bola berasal dari daratan China. Tepatnya mulai ada di sekitar abad 2 hingga 3 sebelum Masehi. Saat itu China masih berada di dalam masa pemerintahan Dinasti Han. Sepak bola disebut dengan istilah Tsu-chu yang mempunyai arti menendang bola dan menyepak menggunakan kaki.

Selanjutnya sebuah penemuan artefak di Mesir menyatakan bahwa pada tahun 2.500 SM ditemukan bola yang terbuat dari bahan linen. Penemuan tersebut didasarkan atas gambar di mana para ahli sejarah menyatakan bahwa bola dalam gambar adalah berasal dari kain linen dan sebagian lagi terbuat dari kulit binatang. Dari sebuah gambar yang diperoleh menunjukkan bahwa sepak bola di Mesir dilakukan pada saat diadakan pesta kesuburan.

Para pembuat bola membungkus bola menggunakan kain yang memiliki warna cerah untuk kemudian ditendang dengan tujuan mensyukuri kemelimpahan yang didapatkan. Jadi permainan sepak bola kala itu adalah sebagai wujud syukur atas hasil bumi yang diperoleh. Demikian juga yang terjadi di Tiongkok pada sekitar 576 hingga 221 SM di mana bola terbuat dari bulu yang kemudian ditendang untuk membuat nilai. Bola ditendang di antara dua buah kain yang dibentangkan seperti digantung. Sebagaimana di Mesir, bola dijadikan alat permainan dalam perayaan kemelimpahan.

Selanjutnya pada abad yang hampir bersamaan dengan perkembangan bola di Tiongkok,  di wilayah eropa terutama Roma dan Italia juga mulai berkembang permainan sepak bola yang diawali oleh para gladiator. Adapun sepak bola modern setelah masehi justru sangat berkembang di daratan Eropa terutama wilayah Roma, Italia dan Inggris. Sejak saat itu, sistem permainan bola menjadi lebih tertata. Bola dibuat dari kulit yang dipompa di dalamnya sehingga bola menjadi tidak terlalu berat dan menggelinding dengan baik. Adapun untuk menghasilkan nilai menggunakan gawang yang jaring di belakang sebagai penahan supaya bola tidak menggelinding jauh dari lapangan.

Cara Bermain SepakBola

Sepak bola merupakan permainan beregu melibatkan 11 pemain inti yang terbagi atas penjaga gawang, pemain depan, tengah dan pemain belakang. Penentuan nilai sepak bola didasarkan atas jumlah masuknya bola ke dalam gawang lawan. Adapun di dalam lapangan permainan terdapat yang disebut dengan area pinalti, yaitu area di seputar gawang di mana pemain lawan bisa melakukan tendangan bebas mengarah ke gawang lawan. Kiper menjadi pemain satu-satunya yang diperkenankan memegang bola menggunakan tangan. Permainan sepak bola, setiap babak berlangsung selama 45 menit.

lapangan sepakbola

Dari 11 pemain,  oenjaga gawang bertugas menjaga supaya gawang tidak sampai kemasukan bola dari lawan. Kiper harus tangkas dan jeli. Ketangkasan kiper menangkap bola yang diarahkan ke gawangnya menjadi nilai tersendiri. Adapun pemain belakang atau seting disebut juga sebagai pemain bertahan terdiri atas 4 orang. Empat pemain ini sebagaimana namanya berperan untuk mempertahankan bola supaya tidak sampai memasuki area gawang sebelum kemudian berhadapan dengan penjaga gawang. Pemain belakang setong mengembalikan bola ke arra lawan melalui estafet ke pemain tengah.

Adapun pemain tengah terdiri atas 4 orang yang mengumpankan bola dari pemain belakang menuju ke pemain depan atau disebut juga dengan pemain penyerang. Pemain depan terdiri atas dua orang. Pemain depan secara agresif menyerang lawan dengan menggiring bola menuju gawang lawan dan berusaha memasukkan bola. Para pemain penyerang inilah yang bakal mencetak gol. Para oenain harus memiliki sistem kerjasama dan komunikasi yang baik.

Teknik Bermain Sepak Bola

Terdapat beberapa teknik dalam permainan bola. Yang pertama, adalah teknik menggiring bola atau dribbling. Dribbling dilakukan dengan membawa bola memakai kaki sekaligus mengendalikan laju dari bola,  mengehentikan dan sebagainya.  Menggiring bola wajib dilakukan untuk mengarahkan bola. Yang kedua adalah menendang bola. Teknik ini sangat vital karena kemapuan menendang menentukan kesempatan memasukkan bola ke dalam gawang lawan.

Selain itu, untuk mengumpan dan mengembalikan bola memasuki area lawan juga, sering dilakukan oleh pemain tengah atau belakang menuju ke pemain depan supaya bola lebih dekat dengan area gawang lawan. Teknik ketiga, adalah oper bola. Teknik oper digunakan untuk menembus pertahanan lawan dengan melempar bola jarak pendek.

Teknik selanjutnya adalah menghentikan bola. Bola yang terus menggelinding bisa dihentikan untuk kemudian diarahkan sesuai keinginan regu. Menghentikan bola bisa dengan kaki,  dada dan paha. Teknik kelima adalah menyundul. Bola disundul dengan kepala ke arah yang dikehendaki. Teknik keenam adalah merebut bola,  kemudian menyapu bola,  teknik lemparan ke dalam. Teknik ke delapan adalah menangkap bola. Penjaga gawang wajib memiliki kemampuan ini. Teknik terakhir juggling. Teknik ini dimiliki seorang yang sudah sangat piawai.

Peraturan Permainan Sepak Bola

Terdapat berbagai peraturan di dalam permainan sepak bola. Untuk lapangan harus memiliki panjang 100-110 meter, dengan lebar 64 hingga, 75 meter. Luas, area gawang 18,33 x 5,5 meter. Tinggi gawang 2,45 meter dengan lebar 7,3 meter. Adapun bola harus, terbuat dari kulit dan berbentuk bulat memiliki berat lebih kurang 400 gram. Jumlah pemain 11 dengan setiap pemain wajib memiliki captain.

Setiap tim memiliki warna khusus untuk kaos, warna kaos kaki dalam satu tim. Harus sama. Kaos tangan diperbolehkan dikenakan khusus kiper. Setiap pertandingan diikutkan wasit dan asisten wasit. Wasit menilai setiap jalannya pertandingan dan menentukan ada tidaknta pelanggaran. Wasit harus bersikap adil dan netral.

Permainan terdiri atas dua babak, setiap babak berlangsung 45 menit dengan istirahat antar babak maksimal 15 menit. Bola tidak boleh keluar garis. Pelanggaran seperti menendang dan menjegal lawan dapat mengakibatkan pemain diberikan kartu peringatan berwarna kuning atau dikeluarkan dari area permainan dengan kartu merah.

Demikian tentang sepak bola. Semoga bisa menambah wawasan.

Loncat Indah: Pengertian, Sejarah, Peraturan dan Gaya

Loncat Indah: Pengertian, Sejarah, Peraturan dan Gaya

Teknik Dasar Loncat Indah Dan Peraturan Penting Yang Harus Dipahami

Loncat indah merupakan olahraga air yang bermula dari penggabungan antara senam, kelenturan dan berbagai teknik untuk menunjukkan keindahan gerakan. Loncat indah disebut juga dengan istilah lain, yaitu fancy diving. Pemain olahraga ini akan melompat dari papan awalan yang berada di ketinggian dan selanjutnya mendarat di kolam air. Atlet akan menunjukan berbagai gaya saat melayang di udara, yaitu sebelum memasuki kolam air.

Pengertian Loncat Indah

apa itu loncat indah

Eropa menjadi kawasan ditemukannya loncat indah untuk pertama kali. Tahun 1905 loncat indah mulai dijadikan perlombaan untuk pertama kalinya di Inggris. Loncat indah diawali dengan gerakan take off yang lanjutkan dengan perpaduan berbagai gaya akrobatik. Atlet akan melayang di udara saat mempertunjukkan gaya-gaya yang berhasil dilakukannya.

Penilaian dari perlombaan loncat indah ini adalah ketepatan dari berbagai gerakan akrobatik yang dilakukan oleh atlet dan keindahan gaya yang dipertunjukkan. Atlet loncat indah dapat melakukan berbagai gerakan salto dan teknik dasar lainnya.

Sejarah Loncat Indah

Jerman dan Swedia menjadi negara awal kemunculan loncat indah. Atlet senam Jerman dan Swedia menggunakan metode yang berbeda dalam melakukan senam mereka, yaitu menyelam ke dalam air. Dalam melakukan aksi tersebut para atlet juga melakukan teknik soft landing untuk mendapatkan hasil terbaik. Teknik tersebut kemudian dikenal dengan fancy diving, sedangkan saat atlet melakukan renang dinamakan plain diving.

Istilah-istilah tersebut kemudian mulai dikenal secara luas. Menyelam di dalam air yang diawali dengan meloncat dari ketinggian juga mulai terkenal di Inggris. Pada tahun 1893 didirikan stage untuk loncat indah indah atau fancy diving di Highgate Ponds dengan ketinggian lima belas kaki. Perkembangan loncat indah berikutnya ditunjukkan dengan adanya kejuaraan internasional atau kejuaraan dunia pertama kali pada tahun 1895.

Kejuaraan tersebut diberi nama National Graceful Diving Competition yang juga sebagai event mulai dikenalkannya Swedia Fancy Diving. Tahun 1908 loncat indah atau fancy diving mulai berada di olimpiade London yang sebelumnya sudah diperkenalkan pada olimpiade di tahun 1904. Tahun 1912 menjadi penanda para atlet wanita boleh mengikuti perlombaan menyelam dalam olimpiade yang diselenggarakan.

Tahun berikutnya, yaitu 1928 terdapat pertandingan yang menyelenggarakan penggabungan olahraga fancy diving dengan plain diving. Tahun 1934 menjadi menanda untuk melakukan event menyelam di dalam ruangan. Sejarah terus berlanjut, hingga akhirnya tahun 1948 dilaksanakan olimpiade di London.

Peraturan Loncat Indah

Loncat indah juga mempunyai aturan yang harus diikuti. Aturan-aturan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Atlet Atau Peserta Melakukan Warming Up Atau Pemanasan

Atlet harus sudah melakukan pemanasan yang cukup. Atlet yang belum siap dan masih melakukan pemanasan saat pertandingan akan dimulai, maka kemungkinan atlet akan mendapat peringatan. Waktu yang dialokasikan untuk atlet melakukan pemanasan adalah lima belas menit.

  1. Mendapatkan Nomor Urut Peserta

Peraturan berikutnya yang harus diikuti oleh atlet loncat indah adalah mengambil undian. Setiap peserta diharuskan mengambil undian sebagai nomor urut. Nomor yang diperoleh atlet akan digunakan Juri untuk memanggil atlet saat gilirannya melakukan aksi.

Pengambilan undian ini akan dilaksanakan lima belas menit sebelum pertandingan dimulai. Atlet harus memberitahu juri perihal nomor urut yang diperolehnya. Hal ini dikarenakan akan digunakan oleh juri untuk memanggil peserta loncat indah berdasarkan nomor urut yang sudah diperolehnya.

  1. Menunggu Waktu Pemanggilan

Atlet yang sudah mempunyai urutan untuk melakukan aksi loncat indah maka harus menunggu waktu pemanggilan dari juri. Saat waktu menunggu tersebut atlet akan dipersilahkan duduk di tempat yang sudah disediakan.

  1. Memakai Pakaian Renang

Atlet loncat indah juga harus menggunakan pakaian renang yang sesuai. Gunakan pakaian renang sesuai standar internasional yang diperizinkan untuk melakukan olahraga loncat indah.

  1. Pemenang Dari Perlombaan Loncat Indah

Pengumuman bagi atlet yang berhasil memenangkan perlombaan loncat indah diadakan saat Upacara Penyerahan Piala.

Peraturan-Peraturan Lain Dalam Loncat Indah

Loncat indah juga mempunyai peraturan lain yang harus diikuti oleh atlet maupun peserta perlombaan. Peraturan lanjutan ini mempunyai esensi yang mendekati dengan peraturan dasar. Peraturan lanjut ini menjelaskan tentang aturan yang harus diikuti ketika menjadi ketua pertandingan maupun peraturan untuk membahas papan loncatan. Orang yang bertugas menjadi ketua pertandingan harus mengatur jalannya pertandingan loncat indah saat atlet memulai pemanasan, mempersilahkan atlet untuk menuju kursi tunggu sebelum dipanggil juri, mendelegasikan tugas kepada stewards yang akan bertugas mendampingi atlet menuju tribun maupun Upacara Penyerahan Piala.

Peraturan lanjutan juga membahas tentang jenis loncatan yang dapat dilakukan oleh atlet. Jenis loncatan tersebut, antara lain:

  1. Loncatan ke bagian depan;
  2. Loncatan ke bagian belakang;
  3. Loncatan ke bagian dalam;
  4. Loncatan kontra;
  5. Loncatan sekrup;
  6. Loncatan handstand;
  7. Loncatan secara lurus;
  8. Loncatan dengan gaya bebas
  9. Loncatan bergaya jongkok;
  10. Loncatan sudut;

Peraturan berikutnya membahas tentang papan yang digunakan saat pertandingan loncat indah. Papan loncatan mempunyai ukuran tiga meter dengan ketinggian sepuluh meter. Papan dengan ukuran tersebut digunakan untuk pertandingan yang diikuti lebih dari dua belas peserta. Juri dalam pertandingan loncat indah terdiri dari 5 orang hingga 7 orang. Bentuk penilaian dari Juri untuk atlet akan dijumlahkan dan dikalikan dengan faktor kesulitan, nilai faktor kesulitan ini berbeda-beda untuk setiap loncatan. Nilai tertinggi dan nilai terendah dari juri harus dicoret.

Gaya Loncat Indah

Loncat indah menggunakan papan loncat dengan kombinasi gerakan saat berada di udara setelah melakukan take off dan sebelum masuk ke kolam air. Setiap jenis loncatan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dan mempunyai bagian khusus masing-masing. Dalam Loncat Indah dikenal teknik dasar dalam loncatan, yaitu:

  1. Forward (Loncat Ke Depan)

Teknik loncatan yang diawali dengan tubuh menghadap ke arah air. Saat kondisi tubuh dalam posisi meIayang, maka lengan digerakkan ke sisi dengan gerakan anggun dan mulus seperti gerakan sayap. Saat sudah mendekati air, lengan segera dirapatkan untuk persiapan terjun ke dalam air. Gerakan yang biasanya dilakukan adalah gerakan salto ke depan maupun salto melayang ke depan.

  1. Backward (Loncat Ke Belakang)

Gerakan pertama adalah mengambil posisi badan membelakangi kolam. Selanjutnya, loncatan akan dilakukan dari papan tolakan dengan posisi lurus ke atas yang dilanjutkan dengan gerakan senam. Gerakan yang biasa dilakukan pada loncatan backward adalah loncatan ke belakang, salto ke belakang, dan juga salto melayang ke belakang.

  1. Loncat Berbalik (Reverse)

Teknik ini diawali dengan memposisikan badan menghadap ke arah air. Saat meloncat posisi kaki diangkat, sehingga saat akan masuk ke air, maka posisi punggung akan menghadap ke air. Gerakan ini meliputi loncatan kontra, salto kontra, dan juga salto melayang kontra.

  1. Inward (Loncat Ke Dalam)

Inward merupakan teknik dasar lompatan yang diawali dengan posisi punggung menghadap ke air. Setelah melakukan tolakan vertikal, maka posisi pinggul dan kaki harus terangkat, sehingga posisi badan saat akan masuk ke air dengan kondisi wajah menghadap ke permukaan air. Gerakan yang dilakukan meliputi loncatan ke dalam, salto ke dalam, dan salto melayang ke dalam.

Anda tertarik menjadi atlet loncat indah? Anda ingin bisa melakukan berbagai aksi menegangkan dan penuh dengan pesona saat melompat dari papan yang berada di ketinggian? Jika jawabannya iya maka anda bisa mempelajari secara keseluruhan tentang teknik dasar dan peraturan yang harus diikuti dalam melakukan olahraga loncat indah.

Lempar Lembing – Pengertian, Sejarah, Teknik, Cara

Lempar Lembing – Pengertian, Sejarah, Teknik, Cara

Lempar Lembing, Olahraga Gabungan Dari Kecepatan, Kekuatan, Dan Teknik

apa itu lempar lembing

Olahraga satu ini dalam praktik di sekolah Indonesia memang jarang bahkan tak pernah dilakukan. Kebanyakan hanya mengetahui teori permainannya lewat buku atau modul. Padahal lempar lembing menarik.

Secara pengertian, lempar lembing merupakan cabang olahraga atletik dengan aturan melemparkan lembing dalam jarak tertentu. Bentuk lembing berupa tombak yang memiliki sudut tajam di salah satu ujungnya. Untuk memenangkan pertandingan, lembing harus dilempar sejauh mungkin sekuat tenaga menggunakan tangan. Atlet lempar lembing setidaknya harus bisa menyeimbangkan tiga unsur, yaitu kecepatan, kekuatan, dan teknik.

Sejarah

Lempar lembing memiliki sejarah yang panjang sejak zaman kuno tepatnya pada zaman primitif dengan aktivitas berburu yang khas. Ini berkaitan erat dengan beragamnya teknik melempar manusia yang dilakukan dengan beragam cara. Dari berdiri kemudian melakukan ancang-ancang menggunakan satu atau dua tangan guna mengenai sasaran. Di samping itu, tombak berat juga digunakan untuk berperang di seluruh dunia selama berabad-abad. Hingga sampai saat ini terbentuk lembing untuk perlombaan.

Awalnya lembing dibuat menggunakan kayu yang ujungnya dari besi, kemudian diganti menggunakan kayu ringan dari Swedia. Pada era modern lalu lembing berubah terbuat dari logam dan fiberglass (serat kaca).

Pada 1908 lempar lembing menjadi salah satu cabang olahraga atletik di ajang pesta olimpiade. Setidaknya terdapat dua perkembangan yang memberikan pengaruh terhadap pelaksanaan lempar lembing. Pertama, usaha menggunakan putaran jenis cakram ketika melempar. Meski jarak yang dihasilkan dalam metode ini baik, tapi sering tak dibolehkan. Kedua, terdapat aturan atlet dilarang membelakangi arah lemparan. Peraturan ini memantapkan jenis lempar lembing tradisional.

Lapangan

lapangan lempar lembing

Lapangan lempar lembing memiliki tiga bagian, yaitu jalur awalan, sudut lemparan, dan sektor lemparan.

  1. Jalur awalan adalah trak yang memiliki panjang setidaknya 30 meter (minimal) dan maksimal 36,5 meter. Lebar jalur ini 4 meter.
  2. Area sudut lemparan adalah area untuk melemparkan lembing ketika atlet usai berlari di area trak awalan. Sudut yang terbentuk sebesar 30 derajat dari poros tengah menuju pojok busur. Sudut berfungsi sebagai petunjuk harus batas luar kanan dan kiri area sektor lemparan. Jarak antara titik A (titik ancang-ancang) untuk melempar dari bibir busur hanya 8 meter yang berfungsi sebagai harus akhir yang tak boleh dilewati atlet ketika melempar. Namun ketika sudah melempar boleh disentuh, contohnya ketika akan menjatuhkan tubuh.
  3. Sektor lemparan adalah lapangan yang bentuknya kerucut dengan sudut lemparan sebagaimana telah ditetapkan di area sudut. Lapangan pendaratan memiliki panjang minimal 100 meter, karena belum ada atlet yang dapat melempar lembing sejauh 100 meter sejauh ini.

Peraturan

            Perkumpulan internasional terkait tolak peluru memiliki aturannya tersendiri dalam menentukan standar permainan. International Association of Athletics Federations (IAAF) yang merupakan asosiasi perkumpulan atletik internasional di mana tolak peluru menjadi anggota telah membuat aturan-aturan pasti terkait gravitasi lembing dan ukuran lembing dari bentuk serta berat.

Standar internasional pula menentukan panjang lembing untuk laki-laki minimal adalah 2,6-2,7 meter, sedangkan untuk perempuan 2,2-2,3 meter. Berat lembing bagi laki-laki yaitu minimal 800 gram, sedangkan untuk perempuan minimal 600 gram. Pusat gravitasi lembing untuk laki-laki 0,8-1,06 meter, sedangkan perempuan 0,8-0,92 meter yang masing-masing lengkap dengan pegangan dari tali.

Teknik

Teknik dasar melakukan lempar lembing terdiri dari cara memegang, membawa, dan melempar lembing.

Lembing yang dipegang dengan baik dan efektif dapat menjadi kunci keberhasilan lemparan. Terkait memegang lembing setidaknya ada tiga cara. Tiga cara ini tak menunjukkan satu gaya lebih baik daripada yang lain. Atlet harus memilih pegangan mana yang pas dan cocok baginya dengan latihan berulang-ulang. Dari sana dia dapat mengenali tiap-tiap jenis pegangan. Pilihan pegangan yang tepat dapat mengendalikan jalan dan arah lemparan yang tepat pula.

Pertama, cara Amerika, teknik dari pegangan yang cukup popular ini yaitu peganglah lembing di posisi belakang lilitan, lingkarkan jari telunjukmu di belakang lilitan tersebut. Kemudian tekan bagian permukaan menggunakan ibu jari. Sementara untuk jari yang lain lingkarkan pada bagian lembing dengan longgar.

Kedua, cara Finlandia, di mana lembing dipegang menggunakan jari tengah dan ibu jari di bagian belakang lilitan. Jari telunjuk diletakkan di sepanjang batang lembing serta serong pada arah yang wajar. Sementara itu jari yang lain secara longgar memegang badan lembing.

Ketiga, cara Jepit Tank (Tank Style), di mana jari telunjuk dan jari tengah menjepit lembing tepat di belakang pegangan. Kelebihan dari pegangan tank dapat mencegah adanya luka di area siku, sedangkan kekurangannya lilitan tipis sering menimbulkan masalah ketika melempar.

Ketika atlet tengah membawa lembing, setidaknya terdapat tiga cara dalam melakukan sesi awalan.

  • Serongkan mata lembing ke atas dan letakkanlah lembing lebih tinggi dari bahu.
  • Bawalah lembing di belakang badan, di mana arah mata lembingnya serong ke atas sedangkan posisi lembing searah alur lengan.
  • Bawalah lembing di atas bahu, sementara mata lembing menghadap ke serong bawah.

Untuk membawa lembing terdapat tiga cara yang bisa dilakukan dari awal hingga akhir. Berikut tahapannya.

  1. Awalan

Dalam memulai awalan, lembing diangkat ke atas kepala dengan telapak tangan menghadap ke atas dan posisi lengan menekuk. Kemudian, posisikan lembing sejajar dengan tanah di atas garis paralel dan turunkan kaki ketika melakukan langkah silang (cross step). Tahap selanjutnya, pandangan luru ke arah depan dan putar bahu secara perlahan ke kanan ketika tubuh condong ke belakang.

  1. Lemparan

Inilah saat yang menjadi penentu keberhasilan, yakni pada lemparan. Tariklah bahu kanan, poros bahu digerakkan secara tepat ketika lengan tengah melakukan gerak melempar dan posisi badan bergerak melalui kaki depan. Lepaskan lembing.

  1. Akhiran

            Ketika melakukan gerakan akhiran kaki jangan sampai keluar garis batas lemparan. Langkahkanlah kaki ke depan dengan seimbang.

Cara Melakukannya

Pertandingan berskala internasional seperti olimpiade, panitia penyelenggara akan menyediakan lembing yang telah diperiksa berdasarkan levelnya masing-masing. Sedangkan untuk pertandingan berskala kecil di tingkat lokal, atlet bisa membawa lembing sendiri asal sesuai kriteria dari panitia.

Saat pertandingan berlangsung, atlet lempar lembing hanya boleh menggunakan awalan hingga melempar di tempat yang telah tersedia. Ketika atlet melebihi batas maka lemparannya tak sah. Lembing mendarat dengan sah dan dapat dinilai apabila bagian mata lembing jatuh lebih dulu pada area yang disediakan dan posisinya menancap tanah atau hanya menggores tanah.

Masing-masing atlet hanya memiliki satu kali kesempatan untuk melempar lembing. Para atlet akan bertanding guna mendapat jarak terjauh dari lembing yang telah terlempar. Ketika melakukan awalan lembing tak boleh menyentuh tanah, tindakan ini dapat membuat atlet didiskualifikasi.

Menjadi atlet lempar lembing yang berprestasi memang tak mudah dan membutuhkan proses yang konsisten. Atlet lempar lembing mana pun akan melakukan latihan rutin guna menjaga tubuhnya selalu luwes dan mahir ketika melempar.

Di luar fisik ternyata ada hal-hal lain yang mempengaruhi prestasi. Yaitu cuaca dan angin yang sedikit banyak akan mengubah sudut hasil lemparan. Lalu dukungan dari tim dan supporter yang memberikan energi dan semangat atlet. Serta stamina fisik dan psikis. Jadi, jangan sampai mengabaikan faktor-faktor ini juga ya.

Tolak Peluru: Pengertian, Gaya, Teknik, Peraturan

Tolak Peluru: Pengertian, Gaya, Teknik, Peraturan

Tolak Peluru: Olahraga Yang Memperkuat Otot Tangan, Tapi Jarang Diminati

apa itu tolak peluru

Jika kamu mengenal olahraga bernama tolak peluru, itu berarti wawasanmu dalam bidang olahraga termasuk luas. Pasalnya olahraga tolak peluru tidak banyak diketahui orang karena sedikit yang menyukainya. Padahal, tolak peluru memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Di antaranya dapat memperkuat tulang, memperbesar otot, dan menambah stamina.

Secara pengertian tolak peluru dapat diartikan sebagai salah satu jenis olahraga melempar beban yang dilakukan dengan cara menolak peluru sejauh yang dibisa supaya memperoleh hasil yang maksimal. Sebab itu diperlukan teknik dasar menolak peluru guna mendapat hasil lemparan sejauh-jauhnya. Olahraga atletik ini dipertandingkan baik dalam tingkat nasional atau internasional.

Peluru yang dilempar memiliki berat yang bermacam-macam tergantung dengan tingkat peserta. Beberapa berat bola besi tolak peluru di antaranya untuk junior puteri seberat 3 kg, junior putera 5 kg, senior puteri 4 kg, serta senior putera 7,257 kg.

Olahraga ini memiliki peralatan wajib seperti bola peluru, bendera, peluit, dan alat ukur. Pelurunya terbuat dari besi, logam solid, stainless steel, pasir, atau polivinil. Untuk ukuran peluru menyesuaikan jenis lapangan. Peluru yang lebih besar digunakan untuk jenis lapangan indoor.

Sejarah Olahraga Tolak Peluru

Sejarah dari tolak peluru ternyata telah ada sejak 2000 tahun yang lalu. Cabang olahraga ini dulunya populer di kalangan pria Britania, Inggris untuk menguji kekuatan pria. Dahulu peluru yang dipakai berupa batu, tidak besi. Baru kemudian pada zaman pertengahan meriam menjadi inspirasi lahirnya tolak peluru modern dengan diadakannya perlombaan melempar peluru meriam sejauh mungkin.

Pada 1866 tolak peluru dilombakan dalam kejuaraan amator dan pada 1896 masuk Olimpiade Athena, Yunani. Tolak peluru mendapat kemajuan besar pada 1950 ketika Parry O’Brien memulai tolakan menghadap bagian belakang ring (metode O’Brien). Teknik ini popular karena dapat mencapai keberhasilan.

Lapangan

lapangan tolak peluru

Lapangan tolak peluru ketika dilihat sekilas mirip dengan cabang olahraga lempar cakram. Bedanya, ada papan batas tolakan yang terdapat pada lingkaran tolak peluru.Ketentuan lain untuk lapangan tolak peluru yaitu:

  1. Ada dua bagian lapangan tolak peluru berupa lingkaran tolakan dan sektor pendaratan.
  2. Diameter lingkaran tolakan sebesar 2,235 meter, dikelilingi ring besar setebal 66 mm, dan tinggi 2 cm untuk batas lingkaran. Bagian depan lingkaran tolakan dipasang balok atas tolakan yang memiliki panjang 1,22 m, tinggi 10 cm, dan tebal 11,4 cm.
  3. Sektor pendaratan berupa garis batas (sector line) dan garis ukur standar yang bagian ini terletak di tengah sektor pendaratan. Sudut sektor pendaratan 40 derajat dengan panjang minimal 25 m.

Teknik Tolak Peluru

Setiap pemain tolak peluru harus menguasai teknik dasar melakukan tolak peluru.

  • Teknik Menguatkan Tangan

Bagi seorang pemain tolak peluru, kekuatan otot lengan menjadi andalan utama untuk mendapatkan poin. Sehingga otot lengan harus dijaga guna memperoleh lemparan yang jauh. Membuat otot tangan dan lengan menjadi kuat dan penuh power dilakukan dengan beragam latihan.

  • Teknik Memegang Peluru

Cara memegang bola dalam tolak peluru pun memiliki aturan dan tekniknya tersendiri, tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ini dilakukan untuk memperoleh efek dorongan yang maksimal. Tekniknya, pertama, setiap atlet profesional menggunakan posisi jari rapat dan jari jempol berada pada samping sehingga mendapat lemparan yang jauh. Kedua, setiap atlet dilatih memiliki jari yang kuat dan panjang dengan posisi jari sedikit merenggang dan jari kelingking ditekuk ke arah samping. Ketika melakukan hal ini pertama kali, perhatikanlah kekuatan tangan dengan sedikit merenggangkan jari dan usahakan dorongannya kuat.

  • Teknik Meletakkan Peluru

Teknik meletakkan peluru memiliki aturannya sendiri. Sehingga setiap atlet harus bisa meletakkan peluru secara baik dan benar. Caranya, pertama, posisi kaki membentuk kuda-kuda, kaki kanan berada di depan garis dan dibuka selebar bahu ke arah lemparan. Kedua, bola peluru dipegang kuat menggunakan tangan dengan teknik yang tepat. Ketiga, peluru diletakkan di permukaan bahu, tangan bahu sedikit dimiringkan, dan bola peluru dipegang menggunakan tangan kanan. Keempat, condongkan badan ke depan dengan posisi ditekuk. Kelima, posisi badan rileks.

Peraturan Tolak Peluru

Tolak peluru memiliki peraturan yang wajib dipatuhi oleh setiap atlet. Terdapat setidaknya 11 aturan yang dapat dijelaskan berikut ini.

  • Atlet diperkenankan masuk dari samping atau dari belakang lingkaran tolak.
  • Waktu yang diberikan pada atlet setelah namanya dipanggil adalah 60 detik guna menyelesaikan pertandingan. Namun, saat atlet belum melakukan tolakan juga dalam waktu 3 menit akan didiskualifikasi.
  • Memakai sarung tangan tak diperbolehkan, tapi mengenakan pelindung untuk ruas jari diperbolehkan selama pertandingan berlangsung.
  • Ketika atlet ada di dalam area pertandingan, khususnya di dalam wilayah lemparan dapat memegang lingkaran besi.
  • Peluru dapat ditahan oleh atlet menggunakan leher saat melakukan gerakan tolakan.
  • Diskualifikasi akan diberikan pada atlet yang tak melaksanakan peraturan, contoh melempar di depan perut atau di belakang kepala.
  • Aturan menolak peluru menggunakan satu lengan dengan posisi di atas bahu.
  • Saat kaki atlet berada di luar lingkaran ketika melakukan tolakan akan didiskualifikasi.
  • Diskualifikasi juga diberikan pada atlet yang pelurunya mendarat di luar sektor pendaratan (34,92 derajat) sebanyak tiga kali gagal.
  • Skor didapat dan dihitung lewat pengukuran ketika pertama kali peluru jatuh sampai tengah lingkaran.
  • Atlet meninggalkan lingkaran lewat sisi belakang usai melakukan lemparan. Usai peluru mendarat, atlet bisa meninggalkan lingkaran.

Gaya

Setiap atlet tolak peluru harus memiliki gayanya sendiri. Ini dilakukan guna memperoleh keberhasilan saat melakukan pelemparan. Gaya ini mesti dilatih secara terus menerus. Setidaknya ada tiga gaya yang keterampilannya bisa diasah oleh atlet.

  1. Gaya Klasik (Samping)

Gaya klasik dalam tolak peluru telah ada sejak olahraga atletik ini lahir. Tidak diketahui secara pasti siapa yang telah menemukan gaya ini. Untuk metode melakukan gayanya sendiri dengan mengambil awalan arah menyamping sebelum atlet melontarkan tolakannya. Lalu peluru diangkat di atas bahu menggunakan tangan kanan dan tangan kiri memegang atas peluru. Namun ketika peluru dilempar, hanya menggunakan satu tangan.

  1. Gaya Spin (Berputar)

Pada 1972, Alexander Baryshikov merupakan sosok yang memperkenalkan gaya berputar untuk yang pertama kalinya dalam sejarah. Jarak yang dia peroleh ketika itu adalah 22 meter dan menjadi pemecah rekor baru untuk nomor putra pada masa tersebut. Gaya berputar dilakukan dengan gerakan memutar 360 derajat sebelum atlet melakukan lemparan. Gerakan ini dilakukan guna memperoleh momentum untuk melempar sejauh mungkin. Sayangnya, harus diakui gaya berputar cukup sulit karena mensyaratkan penguasaan teknik berputar secara tepat.

  1. Gaya Meluncur (Glide)

Pencipta dari gaya meluncur adalah O’Brien. Teknik dari melakukan gaya meluncur, ketika atlet akan melakukan tolakan pelurunya dia harus bergerak setengah putaran dulu. Untuk posisi persiapan, atlet menghadap ke belakang dan mendorongkan tubuhnya segera ke arah depan. Lontarkan peluru sejauh yang dibisa di dalam lapangan. Teknik ini cukup banyak dilakukan. Rekor untuk pemegang lemparan terjauh adalah atlet tolak peluru dari Jerman Timur Ulf Timmermann dengan panjang 23,06 meter.

Saat dipelajari, ternyata permainan olahraga satu ini memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh olahraga yang lain. Kamu berminat mempelajarinya?

Tenis Lapangan: Pengertian, Sejarah, Kejuaraan, Teknik

Tenis Lapangan: Pengertian, Sejarah, Kejuaraan, Teknik

Wajib Diketahui Semua Tentang Permainan Tenis Lapangan Sebelum Memainkannya

Permainan tenis lapangan menjadi salah satu cabang olahraga bola kecil. Tenis lapangan menggunakan sebuah net yang digunakan sebagai pembatas antara pemain. Tenis lapangan dapat dimainkan oleh dua orang maupun dua pasang yang saling melawan. Tenis lapangan menggunakan raket untuk memukul bola kecil supaya dapat melewati net dan memantul ke bagian lapangan lawan. Tenis lapangan dimainkan pada semua orang dalan masuk dalam kejuaraan tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Sejarah

Sejarah tentang permainan tenis lapangan terdapat banyak pernyataan. Terdapat bagian yang menyebutkan bahwa tenis lapangan sudah dimainkan pada zaman Yunani Kuno, namun ada yang menyatakan bahwa tenis lapangan sudah ada sejak zaman Mesir Kuno. Akan tetapi, terdapat bukti yang mengarah ke Perancis bahwa sekitar abad ke-12 Masehi permainan tenis sudah ada. Namun, saat itu permainan tenis tidak dimainkan menggunakan raket sebagai pemukulnya, tetapi hanya menggunakan tangan.

Memasuki abad ke-16 Masehi permainan tenis semakin berkembangan dan mulai diperkenalkannya raket sebagai alat pemukul. Saat itu permainan tenis tersebut dikenal dengan nama “tenez” yang berarti tahan, terima, ambil. Abad ke-19 Masehi tenis lapangan semakin popular ke seluruh dunia dengan perkembangan yang semakin pesat. Masa ini juga mulai di berlakukan peraturan dan alat-alat yang harus digunakan. Awal diperkenalkannya tenis, bola yang digunakan terbuat dari kayu, namun saat ini sudah menggunakan bola yang terbuat dari karet.

Tahun 1896 dilaksanakan olimpiade pertama olahraga tenis lapangan. Perkembangan tenis yang semakin pesat menjadi alasannya dibentuknya International Tennis Federation atau biasa disingkat menjadi ITF. Federasi yang berpusat di London, Inggris ini memiliki anggota 205 asosiasi tenis nasional.

Cara Bermain Tenis Lapangan

apa itu tenis lapangan

Permainan tenis lapangan dapat dilakukan oleh pasangan maupun sendiri, yaitu secara ganda maupun single. Pemain tenis harus memukul bola tenis ke bagian lapangan lawan. Para pemain harus gesit bergerak mengikuti arah bola yang dipukul dari lawan. Hindari melakukan kesalahan saat bermain tenis lapangan. Permainan tenis terdiri dari tiga set dan pemain dinyatakan sebagai pemenang saat pemain mampu memenangkan dua set.

Setiap set terdiri dari game/game dan tujuan pemain adalah mampu mencapai ke game 6 terlebih dahulu. Setidaknya harus ada satu perbedaan pertandingan dua diantar pemain supaya set ke ujung ada. Apabila 6/6 bertahan dalam permainan tenis, maka tie-break harus dimainkan sebagai permainan ekstra. Pemain yang dapat memenangkan game ini dan mencapai game 7 terlebih dahulu, maka pemain ini yang dinyatakan memenangkan set.

Permainan tenis lapangan diselingi dengan aturan 15, 30, 40, hal ini berarti bahwa setiap kali pemain menang, maka pemain akan memperoleh 15, kemudian pergi ke 30 hingga permainan setelah 40. Apabila pemain tenis mampu memperoleh satu gerakan lagi, maka pemain tersebut memperoleh permainan saat ia mempunyai keunggulan 2 yang dimainkan. Apabila tetap 40/40, maka disebut sebagai deuce. Permainan tenis hanya akan berakhir saat salah satu pemainnya mencapai keuntungan dari permainan dua. Banyak yang mengatakan bahwa Permainan Tenis Lapangan lebih mirip dengan permainan bulutangkis dibandingkan permainan tenis meja

Kejuaraan Tenis Lapangan Dunia

Permainan tenis lapangan juga terdapat klub atau perkumpulan. Tahun 1872, Leamington menjadi klub tenis pertama yang didirikan di Perancis oleh J.B. Perera, Frederick Haynes, Harry Gem, Dr., dan juga Dr. Arthur Tompkins. Pada tahun tersebut tenis disebut sebagai lawn rackets atau mada juga yang menyebutnya Pelota. Tahun 1874 tenis mulai dimainkan di Amerika Serikat oleh F.R. Sears dan juga Dr. James Dwight. All England Croquet Club didirikan tahun 1868 dan dua tahun setelahnya membuka kantor di Jalan Worple, Wimbledon.

raket tenis lapangan

Tahun 1875 klub tersebut juga memperuntukkan sebagian dari lahannya untuk permainan tenis. Selanjutnya peraturan permainan tenis lapangan dibentuk. Klub pertama Amerika Serikat berdiri di Staten Island yang juga sebagai penanda perkembangan tenis yang semakin pesat. Kejuaraan tenis pertama dimulai tahun 1877. Turnamen tenis yang terkenal hingga saat ini, antara lain:

  1. Piala Davis

Piala Davis challenge di tahun 1928 dibangun stadium tenis baru di Porte d’Auteuil.

  1. Wimbeldon/All-England

Turnamen tenis yang diadakan bulan Juni atau Juli dalam selang sekitar dua minggu di setiap tahunnya.

  1. Roland Garros (Perancis Terbuka)

Kejuaraan turnamen tenis yang berlangsung selama dua minggu dari pertengahan Mei sampai awal Juni di setiap tahunnya. Turnamen berlangsung di Paris, Perancis. Tahun 1925 Perancis Terbuka mulai diadakan dengan peserta internasional yang selanjutnya turnamen berlangsung di lapangan rumput Racing Club de France dan Stade Francais.

  1. AS Terbuka

Kejuaraan ini berawal dari dua jenis turnamen yang berbeda, yaitu turnamen putera dan turnamen putri. Kejuaraan AS Terbuka dimulai tahun 1881 yang awalnya bernama U.S National Singles Championship, saat itu hanya mempertandingkan turnamen tenis tunggal putra.

  1. Australia Terbuka

Kejuaraan ini rutin diadakan pada bulan Januari untuk setiap tahunnya di Melbourne, Australia.

International Tennis Federation menjadi induk organisasi tenis internasional, sedangkan di Indonesia induk organisasi tenis dikenal dengan sebutan Persatuan Tenis Seluruh Indonesia atau PELTI. Pemain tenis yang berhasil mengikuti seluruh kejuaraan tersebut dan berhasil memenangkan keempat gelar, maka pemain tersebut telah mencapai Grand Slam. Istilah tersebut pertama kali digunakan oleh wartawan Amerika Serikat yang bernama John Kieran pada tahun 1933 untuk menjelaskan usaha Jack Crawford, yaitu pemain tenis yang berasal dari Australia.

Kieran mencoba membandingkan usaha yang telah dilakukan oleh Crawford dengan kalimat sebuah grand slam dalam bridge yang dapat mudah dibalas dan juga lemah. Saat itu ternyata Crawford belum berhasil mendapatkan gelar grand slam. Sedangkan orang pertama yang berhasil mendapatkan gelar grand slam adalah Donald Budge di tahun 1938.

Teknik Dasar Tenis Lapangan

Teknik dasar dalam permainan tenis lapangan adalah sebagai berikut.

  1. Teknik Memegang Raket

Bermain tenis lapangan dibutuhkan teknik dalam memegang raket yang baik dan benar supaya dapat memaksimalkan pukulan. Berikut ini beberapa teknik dalam memegang raket.

  • Forehand Eastern

Teknik yang dilakukan seperti berjabat tangan. Teknik ini cocok digunakan bagi pemain yang sedang belajar tenis.

  • Continental

Teknik dasar yang sudah ada semenjak awal kemunculan tenis, yaitu posisi tangan berada di atas gagang raket.

  • Western

Teknik yang cocok digunakan saat melakukan pukulan topsin. Teknik ini dilakukan seperti layaknya memegang gagang panci.

  1. Teknik Servis

Servis merupakan awalan yang dilakukan untuk memulai pertandingan tenis. Berikut ini beberapa teknis servis yang dapat dilakukan:

  • Flat Serve

Merupakan teknik yang digunakan untuk menghasilkan pukulan keras dan cepat.

  • Kick Serve

Merupakan teknik yang dilakukan dengan cara melempar bola sampai di atas kepala, kemudian memukul bola dengan sangat keras.

  • Twist Serve

Merupakan teknik yang mirip dengan kick serve, namun posisi mengayunkan raket lebih jauh.

  • Slice Serve

Merupakan teknik yang bertujuan mengejutkan lawan, sehingga sulit bagi lawan dalam mengembalikannya. Teknik ini sangat mematikan bagi lawan.

  1. Teknik Pukulan

Permainan tenis lapangan juga mempunyai berbagai teknik pukulan yang dapat dilakukan, antara lain:

  1. Pukulan chop
  2. Forehand drive
  3. Backhand drive
  4. Pukulan voli
  5. Pukulan overhead smash
  6. Pukulan melambung/lob
  7. Groundstroke
  8. Spin
  9. Slice/Chop
  10. Passing Shot
  11. Dropshot

Lapangan Dan Perlengkapan Tenis Lapangan

Permainan Tenis memiliki Lapangan yang berbentuk persegi panjang. Ukuran panjang lapangan 23,78 m yang berlaku untuk permainan ganda maupun tunggal. Ukuran lebar lapangan adalah 8,23 m untuk permainan tenis tunggal dan 10,97 untuk permainan tenis ganda. Lapangan dibagi menjadi dua wilayah yang dipisahkan dengan net atau sebuah jaring yang posisinya tepat berada tengah. Ketinggian net mencapai 910 mm dari tanah. Lapangan tenis dapat dibagi menjadi beberapa tipe menurut material pembentuknya, yaitu:

  1. Lapangan rumput
  2. Lapangan semen
  3. Lapangan tanah liat

Sistem Pertandingan Tenis Lapangan

Permainan tenis lapangan dilangsungkan hingga 5 set untuk dapat menentukan pemenangnya. Para pemain tenis berdiri pada posisi yang saling berlawanan secara diagonal untuk mengawali permainan. Salah satu pemain akan melakukan servis atau memukul bola pertama sebagai pembuka permainan, dan pemain lainnya sebagai lawan harus menerima.

Standar perhitungan yang dipakai dalam tenis lapangan diantaranya nol/love, 15, 30, dan juga 40. Saat pemain mendapatkan seri dengan poin 40 maka akan dinyatakan deuce. Selanjutnya, setiap pemain akan berusaha merebut dua poin secara berturut turut. Pemain yang berhasil menangkannya akan mendapatkan nilai 1. Pemain harus berhasil mengumpulkan nilai hingga 6 game. Saat pemain berhasil merebut 6 game, maka pemain akan memenangkan satu set.

Permainan tenis lapangan membuat penasaran bukan? Anda bisa mencobanya sendiri untuk bermain tenis dengan teman anda. perlengkapan yang harus anda persiapakan adalah raket dan bola. Selanjutnya, anda bisa mencari lapangan tenis yang tersedia maupun menyewa. Anda bisa menggunakan raket yang ringan dengan bobot 1,5 ons hingga 12,62 ons. Anda juga bisa memilih menggunakan raket kategori berat dengan bobot 14,5 ons hingga 15 ons. Sedangkan, raket kategori sedang mempunyai bobot 12,62 ons hingga 14,5 ons.

Lakukan olahraga tenis untuk membuat badan sehat. Anda bisa mencoba untuk permulaan, hingga anda muali terbiasa. Siapa sangka nanti Anda akan menjadi pemain tenis profesional?

Pengertian Bola Basket : Sejarah, Teknik dan Peraturannya

Pengertian Bola Basket : Sejarah, Teknik dan Peraturannya

Mengenal Permainan Basket, Si Bola Keranjang

Bola basket dianggap sebagai permainan bergengsi. Permainan bola yang dimasukkan ke dalam basket atau keranjang ini memang dikenal sebagai permainan elit. Pemain basket diharapkan memiliki tinggi yang memadai terutama untuk pemain depan yang bertugas memasukkan bola ke dalam keranjang. Sedikit berbeda dengan permainan bola beregu lainnya, bola basket diharuskan dilakukan pada, lapangan berlantai karena untuk menggiring bola dilakukan dengan cara dribble dipantulkan ke lantai.

Kecelakaan yang terjadi pada permainan ini boleh dibilang relatif minim berbeda dengan sepak bola yang mungkin tergelincir atau terjegal lawan. Berbeda pula dengan bola volley yang juga, mungkin jatuh pada saat menangkap bola. Bola basket juga menjadi ajang turnamen tingkat dunia. Hanya saja untuk kalangan menengah ke bawah seperti di kampung-kampung jarang yang melakukan perlombaan basket karena peralatan relatif mahal.

Pengertian Permainan Bola Basket

apa itu bola basket

Bola basket merupakan permainan yang paling disuka oleh rakyat Amerika serikat. Permainan ini dilaksanakan secara beregu dengan setiap tim terdiri atas lima orang pemain. Bola basket dimainkan di dalam sebuah ruangan tertutup dan memiliki lantai beton atau kayu yang mudah untuk memantulkan bola. Nilai dihitung berdasarkan atas jumlah bola yang bisa dimasukkan ke dalam keranjang lawan.

Di dalam tim bola basket terdapat tiga posisi pemain, yaitu pemain depan yang bertugas memasukkan bola ke dalam keranjang lawan, kemudian pemain bertahan yang bertugas menjaga area ring supaya tidak dimasuki lawan dan playmaker ialah pemain yang mengatur jalannya bola untuk menuju area lawan. Playmaker adalah yang menjadi pemeran utama yang mengatur arena pertandingan.

Induk organisasi  bola basket dunia adalah FIBA. Olahraga ini bisa diikuti baik oleh tim pria maupun wanita. Basket juga merupakan salah satu cabang olahraga permainan yang dilombakan di dalam Olimpiade. Di Inggris terdapat BBL (British Basketball League), di Indonesia terdapat Indonesia Basketball League (IBL). Sementara itu, di Amerika terdapat National Basketball Association (NBA).

Sejarah Bola Basket

Basket bukanlah sebuah olah raga kuno. Basket secara di luar kesengajaan ditemukan di abad modern, tahun 1981 oleh Dr. James Naismith, yaitu guru olahraga yang tinggal di wilayah Kanada. Pada waktu itu Naismith sedang mengajar di sebuah universitas pemuda Kristen di wilayah Springfield, Massachusetts. Pada sebuah kesempatan diminta membuat permainan guna mengisi kelas mudim dingin di dalam ruang tertutup. Saat itulah Naismith menciptakan bola basket dengan inspirasi dari permainan yang dia lakukan di waktu kecil. Akhirnya permainan Naismith menjadi poluler dengan istilah bola basket yang bisa dimainkan di dalam sebuah ruang kecil yang tertutup.

Pertandingan basket sendiri secara formal diselenggarakan perdana di tahun 1892, satu bulan setelah penemuan. Pertandingan diselenggarakan di area kerja, Naismith sekaligus mempopulerkan permainan baru tersebut. Setelah pertandingan, boka basket menjadi terkenal di seluruh pelosok wilayah Amerika Serikat. Bahkan menuai banyak penggemar yang sangat fanatik terhadap permainan ini. Pada mulanya permainan dilakukan tanpa, menggunakan dribble dan dengan tim yang beranggotakan sembilan pemain. Bola dipindahtangankan dengan cara dilempar.

Adapun penggunaan keranjang merupakan gagasan dari mahasiswa. Pada awalnya bola hanya dipantulkan pada tembok yang diberi tanda. Bola dengan gawang berupa keranjang atau ring ini akhirnya tersebar luas di seluruh penjuru dunia pada sekitar tahun 1920. Di lingkungan sekolah dan perguruan tinggi banyak yang mengikuti pertandingan bergengsi tersebut.  Meskipun demikian bola basket belum dikenal secara menyeluruh di masyarakat pelosok karena tidak mudah dilakukan di lapangan terbuka yang tidak memiliki lantai.

Teknik Permainan Bola Basket

Teknik bermain bola basket dibagi menjadi teknik dasar dan teknik profesional. Untuk teknik dasar diajarkan langkah-langkah berikut.

  1. Cara Memegang Bola

Bola dipegang tangan dengan bentuk telapak menyerupai mangkok terbalik. Telapak tangan direkatkan pada area samping belakang bola. Sementara jari setengah terentang sehingga hampir sebagian bola dikuasai tangan.  Ketika menangkap bola, bola harus tetap ada di dalam penguasaan area tangan. Jari tangan terentang dengan pergelangan tangan yang tidak kaku. Terdapat dia cara menangkap bola, yaitu di atas kepala dan di depan dada.

  1. Mengoper Bola

Bola dilempar atau dioper untuk supaya bola bisa menuju ke depan mendekati arena lawan. Bola dilempar bisa, melewati atas kepala, deoan dada atau dipantulkan ke lantai. Untuk melakukan pelemparan bola harus dihindarkan adanya sosok lawan yang mungkin bisa menghadang atau bahkan menangkap bola. Butuh kejelian sekaligus distem komunikasi yamg baik antar pemain di dalam tim.

  1. Dribbling Atau Menggiring Bola

Bola digerakkan secara halus menggunakan teknik dribbling. Bola dibawa ke depan dengan cara memantulkan bola bada lantai dengan tangan terus menguasai bola. Telapak tangan harus tetap menempel pada bola ketika, ditangkap sehingga, bola tidak mudah direbut oleh kawan yang terkadang berusaha menghadang jalan.

Pada saat bola mencapai titik tertinggi maka bola ditekan kembali ke bawah dengan podisi siku lurus. Bola digiring rendah untuk menghindari jangkauan lawan, sedangkan digiring tinggi untuk mempercepat langkah menuju area depan.

  1. Pivot

Pivot adalah gerakan memutar guna menyelamatkan bola, dari rebutan lawan. Salah satu kaki menjadi poros dan kaki lsin bisa berputan lingkaran penuh.

  1. Tembakan

Menembakkan bola ke dalam keranjang atau ring menjadi inti permainan. Tembakan dapat dilakukan dengan satu atau dua tangan. Lay up dilakukan dengan cara dua langkah dilanjut melompat supaya bola dapat masuk ke dalam keranjang secara tepat.

Adalah usaha memasukkan bola ke dalam keranjang atau ring basket lawan untuk meraih poin. Dalam melakukan shooting ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan shooting dengan dua tangan serta shooting dengan satu tangan. Lay up dikenal pula dengan istilah tembakan melayang.

Peraturan Permainan Bola Basket

Bola basket bisa dilemparkan ke semua penjuru menggunakan satu atau dua tangan. Satu hal yang tidak diijinkan di dalam permainan basket adalah memukul dan menendang bola. Selain itu, pemain juga dilarang memegang bola sambil berlari. Bola harus didribble untuk bisa berjalan ke arah lain. Tetapi setelah menangkap bola lemparan,  pemain bisa memegang bola dan ditempatkan di antara kedua telapak tangan. Pemain juga tidak diperkenankan melakukan tindakan kekerasan fisik seperti menendang lawan, menyeruduk, mendorong, menjegal kaki ataupun memukul.

Jika hal tersebut dilakukan maka terjadi pelanggaran. Kesalahan berturut-turut dapat menjadi poin bagi lawan. Poin tercetak dari jumlah ring yang mampu dimasuki bola. Pertandingan dilakukan 4 quarter dengan setiap quarter terdiri atas 10 menit. Permainan basket memang sangat singkat. Pencetak poin terbanyak dinyatakan menang.

Penemu Permainan Bola Basket

Sebagaimana telah disampaikan di atas,  permainan bola basket ditemukan oleh Dr.  James Naismith pada bulan Desember tahun 1891 di saat Puncak musim dingin sehingga pada, saat mengajar mahasiswa harus menciptakan permainan olahraga di dalam ruang.

Tinggi Ring Bola Basket

Tinggi ring bola basket standar adalah 3,05 meter atai sekitar 10 kaki orang dewasa. Standar ini berlaku baik di dalam maupun luar negeri. Memang bagi pemain luar negeri menjadi lebih beruntung karena memiliki tinggi badan yang hampir setinggi ring basket.

Asyik bukan mengikuti serba serbi permainan bola basket? Semoga bisa menambah wawasan.

Tenis Meja : Pengertian, Teknik Dasar, Sejarah dan Ukuran

Tenis Meja : Pengertian, Teknik Dasar, Sejarah dan Ukuran

Kenali Lebih Lanjut Seputar Permainan Tenis Meja

Sepertinya, tenis meja sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Ini adalah salah satu olah raga yang sudah banyak dipelajari di berbagai tingkatan sekolah. Mulai dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah. Nah, kira-kira apa saja yang perlu anda ketahui mengenai permainan tenis meja? Berikut penjelasan singkatnya.

Pengertian Permainan Tenis Meja

apa itu tenis meja

apa itu tenis meja

Secara sederhana, tenis meja atau yang biasa disebut ping-pong adalah sebuah olah raga yang dimainkan oleh 2 orang yang beralawanan untuk tunggal dan 2 pasangan yang berlawanan untuk ganda. Untuk bisa memainkannya, diperlukan raket yang terbuat dari papan kayu yang dilapisi karet atau biasa disebut dengan bet. Sedangkan lapangannya menggunakan meja yang di tengahnya terdapat net untuk memisahkan area lapangan kedua pemain.

Di Tiongkok, tenis meja biasa disebut dengan sebutan ping-pong. Sedangkan di Indonesia sendiri sudah ada organisasinya, yaitu PTMSI atau Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia.

Sejarah Permainan Tenis Meja

Awal ditemukannya tenis meja sekitar abad 19 di Inggris. Pada awal ditemukan, tenis meja banyak dimainkan oleh kalangan tingkat atas di Inggris setelah jamuan makan malam. Mereka melakukannya hanya sebatas hiburan saja. Bukan sebuah permainan olah raga seperti yang dilakukan jaman sekarang. Hingga pada tahun 1988 tenis meja resmi dipertandingkan dalam Olimpic di Seoul – Korea Selatan.

Kapan permainan tenis meja masuk di Indonesia? Secara umum, tenis meja masuk dan mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1930. Pada saat itu, tenis meja hanya dilakukan sebagai bahan rekreasi dibalai-balai pertemua orang Belanda. Orang pribumi hanya diperbolehkan untuk memainkannya bagi mereka yang berada pada kasta atas. Misalnya para pamong yang berada di balai pertemuan tersebut.

Hingga pada tahun 1939, Indonesia resmi mendirikan Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia (PPPSI). Pada kongres yang dilakukan di Surakarta tahun 1958, nama PPPSI resmi berubah menjadi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia.

Peralatan Permainan Tenis Meja

Ada beberapa peralatan yang harus ada saat anda memainkan tenis meja, antara lain:

  1. Raket

Memang tidak ada ketentuan mengenai bentuk, berat, dan ukuran raket yang harus digunakan. Namun sebisa mungkin bahan raket 80% harus terbuat dari kayu jika dilihat dari ketebalannya. Bagian luar raket harus dilapisi dengan karet dengan bahan licin ataupun bintik.

Pemain boleh saja memilih raket sebelum bermain atau mengganti raket di tengah permainan. Namun tetap saja wajib menunjukkan raket yang dipakai kepada lawan ataupu wasit di lapangan.

  1. Bola

Bola yang digunakan berukuran cukup kecil dengan berat 2,7 gram dan diameter 40 mm. Warna dari bola ini biasanya putih ataupun orange berbahan ringan seperti selulosa. Pada bola yang digunakan untuk tenis meja biasanya ditandai dengan bintang 1 hingga bintang 3. Bintang ini menunjukkan kualitasnya. Dan bintang 3 adalah kualitas terbaik yang biasanya digunakan untuk turnamen-turnamen berkelas dunia.

  1. Meja Lapangan

Untuk meja yang digunakan tenis meja, kadang kala tidak sesuai dengan yang ditentukan. Terlebih lagi jika meja tersebut digunakan di beberapa sekolah sebagai latihan. Panjang, lebar dan tinggi ditentukan oleh penggunanya. Ukuran untuk anak SD tentu berbeda dengan ukuran untuk anak SMA.

Namun secara umum, ukuran meja yang sering dipakai adalah:

  • Panjang: 2,74 meter
  • Lebar: 1,525 meter
  • Tinggi: 76 cm

Biasanya berwarna pudar agak gelap atau hijau dengan lebar garis pinggir meja 2 cm.

  1. Net

Net terdiri dari net itu sendiri, perpanjangannya, dan kedua tiang penyangga yang termasuk juga didalamnya kedua penjepit yang letaknya di meja. Untuk tinggi net minimal berukuran 15,25 cm di atas permukaan meja. Untuk panjang net sendiri harus sepanjang ukuran meja dan diletakkan di atas permukaan meja dengan perpanjangan ujung net harus serapat mungkin dengan tiang penyangganya.

Teknik Bermain Tenis Meja

Ada beberapa teknik bermain tenis meja yang harus diperhatikan, antara lain:

  1. Cara Memegang Bet

Teknik-Dasar-Cara-Memegang-Bet-Tenis-Meja

Meskipun terkesan mudah dan sederhana, ternyata memegang bet membutuhkan teknik tertentu. Berikut beberapa trik memegang bet yang perlu anda ketahui.

Sikap dasar memegang bet:

  • Square Stance

Adalah sebuah posisi dimana tubuh menghadap penuh ke arah meja. Posisi ini diperlukan saat menerima service dari lawan ataupun ingin mengembalikan service tersebut pada lawan.

  • Side Stance

Atau biasa disebut dengan posisi menyamping. Bisa samping kanan maupun samping kiri. Untuk posisi side stance ini harus ada yang lebih dekat antara bahu ke meja atau bahu ke arah net.

  • Open Stance

Merupakan bentuk modifikasi dari posisi side stance yang hanya digunakan untuk backhand block. Jika anda bermain menggunakan tangan kanan, sebaiknya ambil posisi kaki kiri agak terbuka keluar dan agak ke depan.

Cara Service:

  • Shakehands Grip

Cara service shakehands grip adalah salah satu cara service yang banyak digunakan oleh pemain tenis meja kelas dunia. Karena cara service ini memberikan peluang yang cukup baik kepada pemain untuk bisa menaklukkan lawan.

  • Penholder Grip

Bagi pemain yang mempunyai kelebihan pergerakan kaki yang cepat, bisa mencoba menggunakan cara service penholder grip. Cara service ini menggunakan pukulan yang cukup handal yang sering disebut forehand. Namun sayangnya, pukulan mematikan forehand ini cukup sulit dilakukan. Terlebih lagi bagi para pemula.

  1. Jenis Pukulan Tenis Meja

Ada beberapa jenis pukulan tenis meja, antara lain:

  • Push

Adalah dorongan dari bet yang telah terbuka untuk mengembalikan pukulah push atau chop dari lawan.

  • Chop

Sebuah pukulan bola dengan gerakan seperti memotong pohon dengan kapak. Biasanya digunakan untuk mengembalikan bola pada lawan dengan pukulan yang bermacam-macam.

  • Spin

Sebuah serangan lain selai smash. Cara memukul betnya dengan sedikit dimiringkan.

  • Lop

Merupukan pukulan lambung yang cukup keras agar lawan tidak mampu mengembalikan bola. Bisa dikatakan ini adalah sebuah serangan untuk mematikan lawan.

  • Smash

Pukulan sekuat tenaga dan cukup mematikan ke arah lapangan meja lawan agar lawan tidak bisa mengembalikan bola tersebut.

  • Blok

Sebuah pukulan dengan bet tertutup yang bertujuan untuk menghetikan bola. Pukulan ini biasanya digunakan untuk mengembalikan bola-bola drive.

  • Service

Sebuah pukulan pertama ke arah lawan sebagai tanda untuk memulai permainan.

  • Drive

Yaitu pukulan dengan cara menggerakkan bet dari bawah ke atas dengan posisi bet yang tertutup. Drive ini biasanya digunakan sebagai salah satu pukulan serangan.

  1. Cara Menghitung Score

Pemain akan mendapat nilai saat melakukan service dan lawan tidak mampu mengembalikan service tersebut. Dan setiap pemain atau pasangan dikatakan menang ketika telah mencapai angkai 21 terlebih dahulu.

Begitulah pemaparan sederhana mengenai permainan tenis meja. Jika anda masih mempunyai informasi lain, silakan menuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

Pengertian Bulu Tangkis, Sejarah, Ukuran Lapangan, Teknik

Pengertian Bulu Tangkis, Sejarah, Ukuran Lapangan, Teknik

Tahu Lebih Dalam Tentang Olahraga Dunia, Bulutangkis

Bulutangkis sudah menjadi sebuah cabang olahraga yang dikenal di masyarakat. Permainan yang sering diikutkan di dalam lomba-lomba bergengsi ini banyak diikuti baik di kalangan para atlet maupun masyarakat kelas bawah. Di perlombaan kampung  hingga tingkat dunia banyak dilakukan lomba bulutangkis. Terkadang permainan juga, hanya sebagai ajang persahabatan, permainan untuk mengisi waktu dan olah tubuh di kelompok-kelompok masyarakat. Permainan yang sudah sangat populer ini dikenal di hampir seluruh belahan bumi.

Pengertian Bulutangkis

apa itu bulutangkis

apa itu bulutangkis

Bulutangkis merupakan salah satu cabang olahraga permainan yang menggunakan sebuah alat pemukul dengan yang dipukul (shuttlecock). Permainan dapat dilakukan secara tunggal ataupu berpasangan (ganda).  Permainan ini sering disebut juga badminton. Permainan dilakukan dengan cara berhadapan, di mana antara pemain dan lawan dipisahkan dengan sebuah net atau jaring.

Shuttlecock dipukul menggunakan raket menuju arah lawan melewati bagian atas jaring. Nilai dicetak berdasarkan atas shuttlecock yang tidak mampu ditangkap dan dikembalikan oleh atau kepada lawan. Pukulan yang sulit dikembalikan karena keras dan membanting disebut smash. Cabang permainan olahraga ini termasuk yang selalu diikutkan di dalam turnamen-turnamen bergengsi dunia seperti Piala Dunia, Olimpiade, dan lain sebagainya. Indonesia pernah harum namanya ketika Rudi Hartono memenangkan bulutangkis di All England pada tahun 1960-1970 selama 8 kali secara berturut-turut.

Sejarah Bulutangkis

Permainan olahraga yang menggunakan shuttlecock atau sering disingkat cock atau kok ini sudah ada di bumi sejak sekitar 2000 tahun yang lalu. Perkembangan awal bulutangkis berdasarkan sejarah awal ditemukan di Mesir kuno, India, dan Republik Rakyat Tiongkok. Di Tiongkok, permainan ini disebut dengan istilah Jianzi. Yang unik adalah Jianzi dimainkan tanpa raket atau pemukul melainkan menggunakan kaki.

Prinsip dari permainan adalah mencegah kok mengenai tanah. Jadi pemain berupaya bagaimana menghindarkan kok menyentuh tanah dengan selalu menangkap memakai kaki tanpa peran tangan. Adapun di wilayah Inggris juga mengenal permainan ini mulai masa renaisans atau zaman pertengahan. pada waktu itu permainan battledoresdan shuttlecock sedang terkenal. Alat pemukul disebut battledores berupa tongkat yang berbentuk dayung. Prinsip permainan adalah menjaga supaya kok tidak sampai menyentuh tanah. Permainan ini sangat populer di Inggris terutama pada tahun 1854.

Popularitas battledores dan shuttlecock disebarkan hingga ke daratan Asia Timur antara lain Jepang, Republik Rakyat Tiongkok dan Siam. Akhirnya permainan menggunakan kok ini tersebar luas di wilayah Asia dan Eropa dan menjadi ajang permainan anak-anak. Pada abad ke-19, seorang tentara Britania yang sedang bertugas di wilayah India menciptakan olahraga permainan menggunakan kok dengan sistem perlombaan atau kompetisi. Untuk melengkapi ditambahkan jaring. Antar pemain dibatasi jaring.

Kemudian kok dipukul melewati jaring. Kok yang menyentuh tanah area lawan ditingung menjadi nilai. Karena diciptakan di Pune India maka permainan dikenal awal dengan nama Puuna. Permainan dibawa kembali ke Inggris di tahun 1850 an dan mulai dikenal dengan istilah badminton battledores. Untuk selanjutnya permainan ini dikenal meluas di seluruh dunia dan dikuasai secara baik oleh pemain-pemain wilayah Asia Timur serta Asia Tenggara. Negara-negara Skandinavia juga sangat didominasi permainan ini.

Ukuran Lapangan

ukuran lapangan bulutangkisBentuk lapangan bulutangkis adalah persegi panjang yang terbagi menjadi dua bidang yang dipisahkan oleh net atau jaring. Kedua bidang terletak saling berhadapan dan di dalam sati bidang persegi panjang yang sama. Net dibentangkan di tengah seolah membagi area menjadi dia bagian yamg sama persis. Di dalam atea lapangan terdapat beberapa garia permainan, yaitu garis servis depan,  garis servis tengah, garis servis samping yang dikhususkan untuk permainan bulutangkis tunggal di sisi kiri dan kanan serta garis servis belakang khusus untuk permainan bulutangkis ganda.

Garis memiliki ketebalan masing-masing 40 mm. Adapun warna garis haris kontras dengan lantai lapangan. Secara umum garis yang disarankan berwarna putih atau kuning. Lantai bulutangkis bisa berupa lantai biasa ataupun ubin dan bisa juga dengan rumput. Di kampung-kampung masih menggunakan tanah biasa. Secara formal disarankan lantai permukaan lapangan terutama untuk keperluan turnamen adalah menggunakan lantai sintetis bisa berupa kayu. Sebaiknya, lantai lunak supaya tidak mengakibatkan cidera pemain jika terpeleset dan lain sebagainya.

 Ukuran lapangan badminton ditetapkan berdasarkan ketentuan dari Federasi Badminton Internasional (IBF) yang juga, dikenal dengan Federasi Dunia Badminton. Indonesia memiliki PBSI yang merupakan kependekan dari Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia yang sekaligus menjadi organisasi pelindung pemain bulutangkis seluruh Indonesia.

Standar ukuran lapangan adalah sebagai berikut ini.

  • Ukuran Panjang untuk lapangan badminton adalah 13,40 meter.
  • Panjang lapangan sebesar 6,10 meter.
  • Garis servis depan dengan garis net memiliki jarak sebesar 1,98 meter.
  • Garis servis tengan dengan garis, samping pada lapangan memiliki jarak 3,05 meter.
  • Garis lapangan menuju garis servis belakang untuk permainan bulutangkis ganda diberikan jarak 0,76 meter.
  • Garis tepi lapangan dengan garis, samping pada permainan bulutangkis tunggal mempunyai jarak 0,46 meter.
  • Tiang untuk net mempunyai tinggi 1,55 meter.
  • Net atau jaring memiliki tinggi 1,52 meter.

Untuk badminton anak, diberlakukan lapangan mini. Lapangan mini diperuntukkan pemain yang memiliki usia di bawah 9 tahun. Ukuran lapangan memiliki lebar 4,40 meter dengan panjang 10,05 meter.

Teknik Dan Perlengkapan Bulutangkis

Bulutangkis memiliki perlengkapan yang harus disediakan sebagai berikut.

  1. Shuttelcock

Shuttlecock merupakan bola khusus bulutangkis berbentuk unik, dengan bagian bawah membulat dan bagian atas terbuat dari rangkaian bulu. Shuttlecock yang Bagus adalah ringan tetapi stabil ketika melayang di udara. Untuk permainan berkelas sebaiknya menggunakan shuttlecock dengan merek yang sudah cukup dikenal sebagai shuttlecock standar. Jangan menggunakan merek palsu karena bisa kurang stabil.

  1. Raket

Raket sebaiknya disesuaikan dengan kondisi diri seperti gagsng dan panjang gagang. Nyaman tidaknya di dalam genggaman. Pilih raket yang ringan namun kuat. Raket yang berat membuat tangan mudah letih sehingga permainan menjadi kurang optimal. Senar harus yang kuat serta tidak mudah putus.

  1. Sepatu

Perlu menggunakan sepatu sport yang ringan dan anti selip sehingga memudahkan pergerakan.

  1. Tas Raket

Tas raket digunakan untuk menyimpan raket supaya awet dan tidak mudah rusak.

  1. Pakaian

Pakaian harus yang ringkas dan menyerap keringat. Serta nyaman untuk bergerak.

Adapun untuk bermain bulutangkis tekniknya adalah permainan dilakukan dengan memukul kok menggunakan raket kemudian melemparkannya ke lawan. Lawan akan berusaha mengembalikan kok balik dan mencegah kok menyentuh lantai. Semua kok dilambungkan melewati net dan jatuhnya kok tidak boleh di luar garis, tepi lapangan.

Adapun teknik bermain adalah sebagai berikut.

  1. Memegang Raket

Untuk menghasilkan pukulan yang tepat dan jitu, cara memegang raket menjadi utama untuk diperhatikan. Cara memegang raket menentukan kualitas pukulan kok. Terdapat dua teknik memegang raket yaitu forehand dan backhand. Forehand menggunakan cara memegang raket menyamping seperti saat sedang berjabat tangan. Backhand juga menyamping pegangannya tetapi posisi ibu jari dan telunjuk lebih dekat dibandingkan dengan forehand.

  1. Pukulan Kok

Pukulan untuk kok yang paling banyak dipakai adalah menggunakan teknik forehand.  Caranya adalah dengan mengayunkan badan ke arah belakang lalu digerakkan menuju arah depan raket, adapun posisi tangan berhadapan dengan kok.

  1. Kaki

Gerakan kaki menentukan kestabilan tubuh pemain dan juga, menentukan kualitas pukulan. Kaki yang lincah bergerak mengikuti arah bola kom akan sangat berpengaruh ketika lawan melempar kok ke arah tak terduga.

  1. Badan

Posisi tubuh menyeimbangkan gerak tangan dan kaki sangat mempengaruhi kelincahan ketika sedang menghadapi arah kok yang dilempar lawan. Badan haris tegap dan membentuk keseimbangan mengikuti langkah dan ayunan tangan. Posisi badan harus bertumpu secara imbang pada kaki kanan dan kiri. Sementara itu, lutut ditekuk dan selanjutnya berdiri dengan posisi ujung kaki sampai pinggang dalam posisi tegak.

Demikian tentang permainan olahraga bulutangkis. Semoga menambah wawasan.

Permainan BOLA VOLI : Pengertian, Sejarah, Peraturan, Teknik Dasar

Permainan BOLA VOLI : Pengertian, Sejarah, Peraturan, Teknik Dasar

Apa itu Bola Voli ?

Anda penyuka olahraga bola voli? Jika iya, berarti tepat sekali jika anda membaca artikel berikut ini. Bola voli adalah salah satu cabang olahraga yang tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Terlebih lagi Indonesia dengan bentangan panjang pantai cukup panjang. Biasanya bola voli banyak dilakukan di tepi pantai dengan sebutan bola voli pantai.

apa itu bola voli

apa itu bola voli

Nah, kira-kira apa saja yang perlu anda ketahui mengenai permainan bola voli? Berikut penjelasannya.

Pengertian Permainan Bola Voli

Jika dilihat secara umum, pengertian permainan bola voli adalah cara bermain bola dengan menjatuhkan bola di lapangan lawan untuk mencetak scor sebanyak mungkin. Namun secara lengkap, pengertian permainan bola voli adalah sebuah permianan bola yang dilakukan oleh dua kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 6 orang. Untuk mempermudah penghitungan scor, diantara 2 kelompok tersebut dihalangi oleh net dengan ketinggian menyesuaikan.

Tujuan bola voli ini adalah untuk menjatuhkan bola di lapangan lawan dengan melewati di atas net. Setiap kelompok diberi kesempatan untuk memantulkan bola sebanyak 3 kali sebelum mengantarkan bola ke lapangan lawan. Dan lawan diperbolehkan menangkis bola agar bola tersebut tidak jatuh pada lapangannya.

Sejarah Permainan Bola Voli

Sebelum mendunia dan dijadikan sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan, bola voli terlebih dahulu ditemukan oleh seorang instruktur kesehatan jasmani yang bernama William George Morgan di Holyoke, Massacusetts, Amerika Serikat pada tahun 1895.

Tak hanya buah pemikirannya sendiri. Morgan Menemukan permainan ini terinspirasi dari penemu bola basket, James Naismith. Dengan menggabungkan permainan bola tangan, bola basket, tenis, dan baseball, maka terciptalah sebuah permainan baru bernama mintonette. Pertama kali dipertandingkan, mintonette ini dimainkan dalam event Internasional YMCA Training Scool pada tahun 1896 Dan saat itu pula, mintonette resmi berubah nama menjadi volly ball.

Sejarah Permainan Bola Voli Di Indonesia

Setelah dikenal di beberapa negara, akhirnya bola voli masuk di Indonesia pada tahun 1928. Awalnya permainan ini diperkenalkan oleh Belanda. Dimana guru pendidikan jasmani di sekolah-sekolah berasal dari Belanda. Tak berselang lama, permainan ini akhirnya banyak dilakukan oleh para tentara baik tentara dari Belanda maupun dari Indonesia.

Karena begitu pesatnya perkembangan bola voli ini maka pada 22 Januari 1955, resmi lahirlah PBVSI atau persatuan bola voli seluruh Indonesia. Dan hingga sampai saat ini, bola voli banyak dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga yang ada di Indonesia.

Peraturan Teknik Dasar Bola Voli

Jika anda ingin menjadi seorang atlet bola voli, maka anda diharuskan untuk menguasai teknik dasar permainan bola voli. Apa saja kira-kira teknik dasar tersebut? Berikut penjelasannya.

  1. Service

Service pada bola voli

Service pada bola voli

Secara sederhana, pengertian service adalah pukulan awal dari luar lapangan untuk memulai permainan. Ada beberapa jenis service yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Service Lompat

Adalah cara service dengan melompat saat memukul bola yang telah melambung ke udara dan mengarahkannya pada lapangan lawan.

  • Service Bawah

Berbeda dengan cara service lompat, service bawah ini dilakukan dengan cara melambungkan bola secukupnya ke udara, lalu dengan tangan mengepal, pemain melakukan pukulan bola dari bawah yang diarahkan pada lapangan lawan.

  • Service Atas

Berkebalikan dengan service bawah. Pada service atas ini pemain melempar bola ke atas dengan ketinggian tertentu. Lalu dengan menggunakan telapak tangan bola diarahkan pada lapangan lawan.

  • Service Samping

Hampir seperti service atas dimana bola dilempar ke atas dengan ketinggian tertentu. Setelah itu, pemain memukul bola dari samping atau gerakan memutar agar bola terlempar ke lapangan lawan.

  1. Passing

pasing pada bola voli

pasing pada bola voli

Adalah pemberian umpan pada lawan atau kawan. Ada 2 jenis passing, yaitu:

  • Passing Bawah

Passing ini biasa dilakukan saat menerima umpan dari lawan. Dilakukan pada saat bola yang datang lebih rendah daripada posisi kepalanya pemain.

  • Passing Atas

Berkebalikan dengan passing bawah. Dimana passing ini dilakukan pada saat bola yang datang berposisi di atas kepala pemain. Biasa dilakukan saat mendapat umpan baik dari lawan maupun kawan satu tim.

  1. Smash

smash pada bola voli

smash pada bola voli

Adalah salah satu gerakan serangan agar bola bisa cepat jatuh di lapangan lawan. Smash ini bisa dilakukan dengan berbagai teknik, antara lain:

  • Quick Smash

Saat penyerang sudah melompat dan memukul bola, quick smash ini bisa dilakukan oleh pemain bagian depan atau tengah.

  • Semi Smash

Adalah smash yang dilakukan pada saat setter memberikan umpan bola namun tidak terlalu tinggi. Lalu penyerang akan segera memukul bola setelah mengetahui ke mana arah bola melayang.

  • Push Smash

Smash ini dilakukan saat setter memberikan umpan yang terlalu tinggi. Sehingga penyerang harus berlari dan melompat untuk bisa memukul bola.

  • Ace Smash

Merupakan smash yang dilakukan oleh seorang ace dengan memukul bola keras agar jatuh ke area lapangan lawan.

  • Pull Smash

Adalah gabungan antara quick smash dan semi smash. Gerakan ini sengaja dilakukan untuk mengecoh lawan sehingga bola bisa masuk ke area lapangan lawan.

  1. Blocking

blocking pada bola voli

blocking pada bola voli

Adalah sebuah gerakan untuk menghalau gerakan smash dari lawan agar bola tidak berhasil melewati area net. Selain menghalau, gerakan blocking juga digunakan agar bola bisa jatuh kembali ke lapangan lawan.

Yang bertugas melakukan blocking adalah pemain di barisan paling depan. Pemain di barisan paling belakang dilarang melakukan blocking. Selain pemain paling depan, blocking juga dilakukan oleh pemain dengan poster tubuh yang tinggi.

Cara Bermain Bola Voli

  1. Jumlah Pemain Dalam Satu Tim

Jumlah pemain dalam satu tim permainan bola voli sebanyak 6 pemain atau 12 pemain untuk 2 tim saat bertanding. Jika tidak ada 6 orang dalam satu tim, aturlah bagaimana caranya agar jumlah pemain bisa menguasai berbagai bentuk serangan dari lawan.

  1. Cara Serve Bola

Serve bola dilakukan di luar garis lapangan. Sekali serve akan dihitung sebagai satu score saat mampu melewati net dan jatuh pada lapangan lawan.

  1. Cara Menembak Bola

Saat ingin mengembalikan bola dari pukulan lawan, maka pemain dapat memantulkan bola langsung ke lapangan lawan atau bisa juga memberikan umpan terlebih dahulu kepada teman satu tim. Setelah itu teman satu tim bisa melakukan smash bola ke lapangan lawan.

  1. Menerapkan Strategi

Strategi terbaik harus dilakukan agar bisa memenangkan permainan. Bagaimana cara mengatur agar bola bisa jatuh ke lapangan lawan tanpa ada umpan balik dari lawan.

  1. Cara Menghitung Score Pemain

Dalam satu kali permainan, pemain harus mencetak angka 25 dan selisih poin minimal harus 2 poin. Tidak boleh hanya satu poin saja. Permainan bola voli ini hanya bisa dilakukan 3 set hingga memperoleh pemenangnya.

Bagaimana? Mudah, bukan? Anda masih mempunyai informasi lain seputar permainan bola voli? Silakan bagikan pada kolom komentar di bawah ini. Dan jangan lupa juga untuk membaca tentang apa itu renang di blog ini.

Apa itu Renang : Pengertian, Sejarah, Gaya, Manfaat

Apa itu Renang : Pengertian, Sejarah, Gaya, Manfaat

Apa itu Renang ?

Sekalipun sepertinya seperti sebuah permainan, sejatinya renang adalah salah satu cabang olahraga yang sering dipertandingkan saat ada pertandingan berbagai macam jenis olahraga. Seperti PON, Sea Games, Asean Games, bahkan Olimpiade tingkat dunia. Renang adalah salah satu jenis olahraga yang banyak diminati. Terbukti hampir setiap daerah ataupun negara menerjunkan atlet renang untuk mengikuti pertandingan olahraga ini.

Apa itu renang

Apa itu renang

Pengertian Renang

Semua orang pasti sudah tahu apa itu olahraga renang. Namun hanya sedikit yang memahami pengertian renang secara terminologi. Renang adalah sebuah usaha yang dilakukan agar tubuh bisa terapung di atas air dan tidak tenggelam ke dasar air. Maka diperlukan gerak tangan dan kaki agar tubuh bisa terapung di atas air.

Tak hanya menyenangkan dan menjadi salah satu teknik penyelamatan diri saat harus berada di dalam air. Renang ternyata mempunyai banyak kegunaan. Seperti untuk menyehatkan badan, melatih kelenturan otot, dan lain sebagainya.

Manfaat Renang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa renang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Selain untuk menyehatkan badan, berikut beberapa manfaat olahraga renang yang bisa anda peroleh.

  1. Bagi anda yang mempunyai anak-anak atau balita, renang bisa digunakan sebagai sarana rekreasi dan bersenang-senang. Anda bisa mengajak anak atau balita bermain air di kolah renang ataupun waterboom. Di sana banyak sekali wahana bermain air yang menyenangkan bagi mereka. Hanya perlu diingat! Jagalah anak anda saat bermain di kolam renang atau waterboom. Hindarkan dari air dengan kedalaman yang melebihi kemampuan anak atau balita anda.
  2. Karena merupakan salah satu cabang olahraga, manfaat lain dari renang adalah untuk menyehatkan badan. Terutama untuk merangsang gerakan motorik. Ini penting sekali bagi balita dan anak-anak. Dimana mereka masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan. Dengan renang, pertumbuhan tulang akan lebih optimal. Tubuh akan menjadi lentur serta persendian akan lebih kuat. Alhasil, pertumbuhan badan anak akan lebih baik dibandingkan anak yang tidak mengikuti olahraga renang.
  3. Manfaat renang selanjutnya adalah memberikan keberanian pada anak untuk tidak takut menghadapi air. Terutama bagi anak-anak yang tinggal di lingkungan dekat pantai, sungai besar ataupun kawasan air lainnya. Mereka harus dikenalkan dengan renang sejak kecil. Jika sewaktu-waktu terjadi banjir atau meluapnya air, mereka bisa menyelamatkan diri sendiri dengan cara berenang.
  4. Olahraga renang juga bisa meningkatkan rasa percaya diri serta keberanian pada anak. Dengan kemampuan renang yang dimilikinya, anak akan tampil lebih bercaya diri, mandiri, serta berani menghadapi tantangan. Jika anak anda termasuk anak yang pendiam, minder, dan tidak punya rasa percaya diri yang tinggi, cobalah untuk mengajarinya olahraga renang.
  5. Jika dilihat dari sisi hubungan sosial, renang mampu memberikan hubungan kebersamaan yang hangat dengan teman. Kemampuan beradaptasi dan bersosialisasi dengan baik bisa didapat dari olahraga ini.

Prinsip Renang

Ada beberapa prinsip olahraga renang yang bisa diterapkan, antara lain:

  1. Prinsip Pemindahan Momentum

Prinsip pemindahan momentum adalah gerakan-gerakan yang banyak dilakukan di dalam maupun di luar air, yaitu sebuah prinsip untuk memindahkan momentum dari satu anggota tubuh ke tubuh bagian yang lainnya.

  1. Prinsip Hukum Aksi Reaksi

Prinsip ini biasa dipakai dalam revovery atau pemulihan, yaitu tiga pemulihan lengan dari empat gaya renang yang ada di luar air. Prinsip ini sangat mempengaruhi kecepatab serta efisiensi gerakan renang itu sendiri.

  1. Prinsip Keteraturan Dalam Penggunaan Dorongan

Biasa disebut dengan kontinuitas gerakan. Jika ingin lebih cepat dan efektif saat mendorong tubuh bergerak maju, maka gunakanlah gerakan yang teratur. Jangan menggunakan gerakan yang tidak teratur. Karena selain kurang cepat, akan membuat tubuh lebih cepat lelah.

  1. Prinsip Hambatan Dan Dorongan

Jika diperhatikan, kecepatan untuk maju yang didapat tubuh dihasilkan dari kekuatan untuk menahan hambatan dan mendorong maju. Kekuatan dorongan ini dihasilkan dari gerakan tangan dan kaki untuk mendorong tubuh maju ke depan.

Gaya Renang

Ada beberapa macam gaya renang yang biasa dilakukan oleh para atlet renang, antara lain:

  1. Gaya Bebas

renang gaya bebas

renang gaya bebas

Gaya ini adalah gaya yang paling banyak digunakan oleh perenang, yaitu dengan menelungkupkan badan di permukaan air dan bahu agak kebelakang. Tangan melakukan gerakan menarik, dan kaki melakukan gerakan mendorong sehingga tubuh bisa bergerak untuk maju. Posisi kaki terletak di beberapa inci di bawah permukaan air. Agar tubuh tetap stabil, jangan lupa untuk fokus mempertahankan pandangan mata dan wajah ke depan.

  1. Gaya Punggung

renang gaya punggung

renang gaya punggung

Biasa disebut dengan posisi terlengtang karena punggung menghadap ke air. Tidak jauh beda dengan gaya bebas. Hanya saja, pada gaya punggung pandangan mata menatap ke atas sehingga lebih mudah untuk menatap ke atas dan bernafas. Sayangnya, gaya ini menyulitkan perenang untuk menentukan arah maju karena mata menatap ke atas. Untuk mempermudah gerakan, usahakan pergelangan kaki tetap lemas serta punggung dan kaki harus lebih aktif untuk gerak ke atas.

  1. Gaya Dada

renang gaya dada

renang gaya dada

Karena gerakannya mirip gerakan katak saat berenang di air maka tak heran jika gaya renang dada biasa disebut dengan gaya katak. Gerakan ini menharuskan perenang untuk merangkak di dalam air dengan kombinasi gerakan tangan dan kaki. Tangan dan kaki berada di dalam air, sedangkan posisi kepala naik turun ke dalam dan ke luar air. Untuk pandangan mata sendiri memudahkan perenang untuk bergerak maju karena bisa melihat ke depan.

  1. Gaya Kupu-Kupu

renang gaya kupu kupu

renang gaya kupu kupu

Mengapa disebut gaya kupu-kupu? Karena kombinasi kedua tangan perenang mengepak untuk bisa bergerak maju mirip gerakan sayap kupu-kupu. Dari sekian macam gaya renang, gaya kupu-kupu memang agak sulit untuk dipelajari. Karena untuk melakukan gaya ini diperlukan tenaga yang cukup besar, koordinasi gerak dan irama yang sangat baik. Kedua tangan perenang membentang lalu kemudia mengayuh agar tubuh bisa meju ke depan.

Itu dia berbagai informasi mengenai pengertian, manfaat, prinsip, serta gaya olahraga renang. Banyak yang menyukai olahraga ini. Karena selain menyenangkan, juga banyak manfaat yang bisa didapat. Terlebih lagi olahraga renang sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin meninggikan badan ataupun menurunkan berat badan.

Maka tak heran jika banyak orang yang menyewakan kolam renang yang dimilikinya bagi mereka yang ingin belajar berenang. Jika anda termasuk salah satu penggemar olahraga ini, namun belum bisa berenang, anda bisa mengunjungi kursus singkat latihan renang yang banyak dibuka oleh para mantan atlet ataupun pelatih renang. Jika masih mempunyai informasi lain mengenai olahraga ini, silahkan berbagi pada kolom komentar yang ada di bawah ini. Mungkin informasi anda akan sangat berguna bagi pembaca lainnya.

Must read×

Top