Loncat Indah: Pengertian, Sejarah, Peraturan dan Gaya

In Olahraga 277 views

Teknik Dasar Loncat Indah Dan Peraturan Penting Yang Harus Dipahami

Loncat indah merupakan olahraga air yang bermula dari penggabungan antara senam, kelenturan dan berbagai teknik untuk menunjukkan keindahan gerakan. Loncat indah disebut juga dengan istilah lain, yaitu fancy diving. Pemain olahraga ini akan melompat dari papan awalan yang berada di ketinggian dan selanjutnya mendarat di kolam air. Atlet akan menunjukan berbagai gaya saat melayang di udara, yaitu sebelum memasuki kolam air.

Pengertian Loncat Indah

apa itu loncat indah

Eropa menjadi kawasan ditemukannya loncat indah untuk pertama kali. Tahun 1905 loncat indah mulai dijadikan perlombaan untuk pertama kalinya di Inggris. Loncat indah diawali dengan gerakan take off yang lanjutkan dengan perpaduan berbagai gaya akrobatik. Atlet akan melayang di udara saat mempertunjukkan gaya-gaya yang berhasil dilakukannya.

Penilaian dari perlombaan loncat indah ini adalah ketepatan dari berbagai gerakan akrobatik yang dilakukan oleh atlet dan keindahan gaya yang dipertunjukkan. Atlet loncat indah dapat melakukan berbagai gerakan salto dan teknik dasar lainnya.

Sejarah Loncat Indah

Jerman dan Swedia menjadi negara awal kemunculan loncat indah. Atlet senam Jerman dan Swedia menggunakan metode yang berbeda dalam melakukan senam mereka, yaitu menyelam ke dalam air. Dalam melakukan aksi tersebut para atlet juga melakukan teknik soft landing untuk mendapatkan hasil terbaik. Teknik tersebut kemudian dikenal dengan fancy diving, sedangkan saat atlet melakukan renang dinamakan plain diving.

Istilah-istilah tersebut kemudian mulai dikenal secara luas. Menyelam di dalam air yang diawali dengan meloncat dari ketinggian juga mulai terkenal di Inggris. Pada tahun 1893 didirikan stage untuk loncat indah indah atau fancy diving di Highgate Ponds dengan ketinggian lima belas kaki. Perkembangan loncat indah berikutnya ditunjukkan dengan adanya kejuaraan internasional atau kejuaraan dunia pertama kali pada tahun 1895.

Kejuaraan tersebut diberi nama National Graceful Diving Competition yang juga sebagai event mulai dikenalkannya Swedia Fancy Diving. Tahun 1908 loncat indah atau fancy diving mulai berada di olimpiade London yang sebelumnya sudah diperkenalkan pada olimpiade di tahun 1904. Tahun 1912 menjadi penanda para atlet wanita boleh mengikuti perlombaan menyelam dalam olimpiade yang diselenggarakan.

Tahun berikutnya, yaitu 1928 terdapat pertandingan yang menyelenggarakan penggabungan olahraga fancy diving dengan plain diving. Tahun 1934 menjadi menanda untuk melakukan event menyelam di dalam ruangan. Sejarah terus berlanjut, hingga akhirnya tahun 1948 dilaksanakan olimpiade di London.

Peraturan Loncat Indah

Loncat indah juga mempunyai aturan yang harus diikuti. Aturan-aturan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Atlet Atau Peserta Melakukan Warming Up Atau Pemanasan

Atlet harus sudah melakukan pemanasan yang cukup. Atlet yang belum siap dan masih melakukan pemanasan saat pertandingan akan dimulai, maka kemungkinan atlet akan mendapat peringatan. Waktu yang dialokasikan untuk atlet melakukan pemanasan adalah lima belas menit.

  1. Mendapatkan Nomor Urut Peserta

Peraturan berikutnya yang harus diikuti oleh atlet loncat indah adalah mengambil undian. Setiap peserta diharuskan mengambil undian sebagai nomor urut. Nomor yang diperoleh atlet akan digunakan Juri untuk memanggil atlet saat gilirannya melakukan aksi.

Pengambilan undian ini akan dilaksanakan lima belas menit sebelum pertandingan dimulai. Atlet harus memberitahu juri perihal nomor urut yang diperolehnya. Hal ini dikarenakan akan digunakan oleh juri untuk memanggil peserta loncat indah berdasarkan nomor urut yang sudah diperolehnya.

  1. Menunggu Waktu Pemanggilan

Atlet yang sudah mempunyai urutan untuk melakukan aksi loncat indah maka harus menunggu waktu pemanggilan dari juri. Saat waktu menunggu tersebut atlet akan dipersilahkan duduk di tempat yang sudah disediakan.

  1. Memakai Pakaian Renang

Atlet loncat indah juga harus menggunakan pakaian renang yang sesuai. Gunakan pakaian renang sesuai standar internasional yang diperizinkan untuk melakukan olahraga loncat indah.

  1. Pemenang Dari Perlombaan Loncat Indah

Pengumuman bagi atlet yang berhasil memenangkan perlombaan loncat indah diadakan saat Upacara Penyerahan Piala.

Peraturan-Peraturan Lain Dalam Loncat Indah

Loncat indah juga mempunyai peraturan lain yang harus diikuti oleh atlet maupun peserta perlombaan. Peraturan lanjutan ini mempunyai esensi yang mendekati dengan peraturan dasar. Peraturan lanjut ini menjelaskan tentang aturan yang harus diikuti ketika menjadi ketua pertandingan maupun peraturan untuk membahas papan loncatan. Orang yang bertugas menjadi ketua pertandingan harus mengatur jalannya pertandingan loncat indah saat atlet memulai pemanasan, mempersilahkan atlet untuk menuju kursi tunggu sebelum dipanggil juri, mendelegasikan tugas kepada stewards yang akan bertugas mendampingi atlet menuju tribun maupun Upacara Penyerahan Piala.

Peraturan lanjutan juga membahas tentang jenis loncatan yang dapat dilakukan oleh atlet. Jenis loncatan tersebut, antara lain:

  1. Loncatan ke bagian depan;
  2. Loncatan ke bagian belakang;
  3. Loncatan ke bagian dalam;
  4. Loncatan kontra;
  5. Loncatan sekrup;
  6. Loncatan handstand;
  7. Loncatan secara lurus;
  8. Loncatan dengan gaya bebas
  9. Loncatan bergaya jongkok;
  10. Loncatan sudut;

Peraturan berikutnya membahas tentang papan yang digunakan saat pertandingan loncat indah. Papan loncatan mempunyai ukuran tiga meter dengan ketinggian sepuluh meter. Papan dengan ukuran tersebut digunakan untuk pertandingan yang diikuti lebih dari dua belas peserta. Juri dalam pertandingan loncat indah terdiri dari 5 orang hingga 7 orang. Bentuk penilaian dari Juri untuk atlet akan dijumlahkan dan dikalikan dengan faktor kesulitan, nilai faktor kesulitan ini berbeda-beda untuk setiap loncatan. Nilai tertinggi dan nilai terendah dari juri harus dicoret.

Gaya Loncat Indah

Loncat indah menggunakan papan loncat dengan kombinasi gerakan saat berada di udara setelah melakukan take off dan sebelum masuk ke kolam air. Setiap jenis loncatan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dan mempunyai bagian khusus masing-masing. Dalam Loncat Indah dikenal teknik dasar dalam loncatan, yaitu:

  1. Forward (Loncat Ke Depan)

Teknik loncatan yang diawali dengan tubuh menghadap ke arah air. Saat kondisi tubuh dalam posisi meIayang, maka lengan digerakkan ke sisi dengan gerakan anggun dan mulus seperti gerakan sayap. Saat sudah mendekati air, lengan segera dirapatkan untuk persiapan terjun ke dalam air. Gerakan yang biasanya dilakukan adalah gerakan salto ke depan maupun salto melayang ke depan.

  1. Backward (Loncat Ke Belakang)

Gerakan pertama adalah mengambil posisi badan membelakangi kolam. Selanjutnya, loncatan akan dilakukan dari papan tolakan dengan posisi lurus ke atas yang dilanjutkan dengan gerakan senam. Gerakan yang biasa dilakukan pada loncatan backward adalah loncatan ke belakang, salto ke belakang, dan juga salto melayang ke belakang.

  1. Loncat Berbalik (Reverse)

Teknik ini diawali dengan memposisikan badan menghadap ke arah air. Saat meloncat posisi kaki diangkat, sehingga saat akan masuk ke air, maka posisi punggung akan menghadap ke air. Gerakan ini meliputi loncatan kontra, salto kontra, dan juga salto melayang kontra.

  1. Inward (Loncat Ke Dalam)

Inward merupakan teknik dasar lompatan yang diawali dengan posisi punggung menghadap ke air. Setelah melakukan tolakan vertikal, maka posisi pinggul dan kaki harus terangkat, sehingga posisi badan saat akan masuk ke air dengan kondisi wajah menghadap ke permukaan air. Gerakan yang dilakukan meliputi loncatan ke dalam, salto ke dalam, dan salto melayang ke dalam.

Anda tertarik menjadi atlet loncat indah? Anda ingin bisa melakukan berbagai aksi menegangkan dan penuh dengan pesona saat melompat dari papan yang berada di ketinggian? Jika jawabannya iya maka anda bisa mempelajari secara keseluruhan tentang teknik dasar dan peraturan yang harus diikuti dalam melakukan olahraga loncat indah.

Pengertian Sepak Bola, Teknik, Tujuan, Sejarah & Aturan
Pengertian Sepak Bola, Teknik, Tujuan, Sejarah & Aturan
Apa Itu Sepakbola? Daftar Isi Apa Itu
Lempar Lembing – Pengertian, Sejarah, Teknik, Cara
Lempar Lembing – Pengertian, Sejarah, Teknik, Cara
Lempar Lembing, Olahraga Gabungan Dari Kecepatan, Kekuatan,
Tolak Peluru: Pengertian, Gaya, Teknik, Peraturan
Tolak Peluru: Pengertian, Gaya, Teknik, Peraturan
Tolak Peluru: Olahraga Yang Memperkuat Otot Tangan,
Tenis Lapangan: Pengertian, Sejarah, Kejuaraan, Teknik
Tenis Lapangan: Pengertian, Sejarah, Kejuaraan, Teknik
Wajib Diketahui Semua Tentang Permainan Tenis Lapangan
Must read×

Top