Apa itu Renang : Pengertian, Sejarah, Gaya, Manfaat

In Olahraga 108 views

Apa itu Renang ?

Sekalipun sepertinya seperti sebuah permainan, sejatinya renang adalah salah satu cabang olahraga yang sering dipertandingkan saat ada pertandingan berbagai macam jenis olahraga. Seperti PON, Sea Games, Asean Games, bahkan Olimpiade tingkat dunia. Renang adalah salah satu jenis olahraga yang banyak diminati. Terbukti hampir setiap daerah ataupun negara menerjunkan atlet renang untuk mengikuti pertandingan olahraga ini.

Apa itu renang

Apa itu renang

Pengertian Renang

Semua orang pasti sudah tahu apa itu olahraga renang. Namun hanya sedikit yang memahami pengertian renang secara terminologi. Renang adalah sebuah usaha yang dilakukan agar tubuh bisa terapung di atas air dan tidak tenggelam ke dasar air. Maka diperlukan gerak tangan dan kaki agar tubuh bisa terapung di atas air.

Tak hanya menyenangkan dan menjadi salah satu teknik penyelamatan diri saat harus berada di dalam air. Renang ternyata mempunyai banyak kegunaan. Seperti untuk menyehatkan badan, melatih kelenturan otot, dan lain sebagainya.

Manfaat Renang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa renang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Selain untuk menyehatkan badan, berikut beberapa manfaat olahraga renang yang bisa anda peroleh.

  1. Bagi anda yang mempunyai anak-anak atau balita, renang bisa digunakan sebagai sarana rekreasi dan bersenang-senang. Anda bisa mengajak anak atau balita bermain air di kolah renang ataupun waterboom. Di sana banyak sekali wahana bermain air yang menyenangkan bagi mereka. Hanya perlu diingat! Jagalah anak anda saat bermain di kolam renang atau waterboom. Hindarkan dari air dengan kedalaman yang melebihi kemampuan anak atau balita anda.
  2. Karena merupakan salah satu cabang olahraga, manfaat lain dari renang adalah untuk menyehatkan badan. Terutama untuk merangsang gerakan motorik. Ini penting sekali bagi balita dan anak-anak. Dimana mereka masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan. Dengan renang, pertumbuhan tulang akan lebih optimal. Tubuh akan menjadi lentur serta persendian akan lebih kuat. Alhasil, pertumbuhan badan anak akan lebih baik dibandingkan anak yang tidak mengikuti olahraga renang.
  3. Manfaat renang selanjutnya adalah memberikan keberanian pada anak untuk tidak takut menghadapi air. Terutama bagi anak-anak yang tinggal di lingkungan dekat pantai, sungai besar ataupun kawasan air lainnya. Mereka harus dikenalkan dengan renang sejak kecil. Jika sewaktu-waktu terjadi banjir atau meluapnya air, mereka bisa menyelamatkan diri sendiri dengan cara berenang.
  4. Olahraga renang juga bisa meningkatkan rasa percaya diri serta keberanian pada anak. Dengan kemampuan renang yang dimilikinya, anak akan tampil lebih bercaya diri, mandiri, serta berani menghadapi tantangan. Jika anak anda termasuk anak yang pendiam, minder, dan tidak punya rasa percaya diri yang tinggi, cobalah untuk mengajarinya olahraga renang.
  5. Jika dilihat dari sisi hubungan sosial, renang mampu memberikan hubungan kebersamaan yang hangat dengan teman. Kemampuan beradaptasi dan bersosialisasi dengan baik bisa didapat dari olahraga ini.

Prinsip Renang

Ada beberapa prinsip olahraga renang yang bisa diterapkan, antara lain:

  1. Prinsip Pemindahan Momentum

Prinsip pemindahan momentum adalah gerakan-gerakan yang banyak dilakukan di dalam maupun di luar air, yaitu sebuah prinsip untuk memindahkan momentum dari satu anggota tubuh ke tubuh bagian yang lainnya.

  1. Prinsip Hukum Aksi Reaksi

Prinsip ini biasa dipakai dalam revovery atau pemulihan, yaitu tiga pemulihan lengan dari empat gaya renang yang ada di luar air. Prinsip ini sangat mempengaruhi kecepatab serta efisiensi gerakan renang itu sendiri.

  1. Prinsip Keteraturan Dalam Penggunaan Dorongan

Biasa disebut dengan kontinuitas gerakan. Jika ingin lebih cepat dan efektif saat mendorong tubuh bergerak maju, maka gunakanlah gerakan yang teratur. Jangan menggunakan gerakan yang tidak teratur. Karena selain kurang cepat, akan membuat tubuh lebih cepat lelah.

  1. Prinsip Hambatan Dan Dorongan

Jika diperhatikan, kecepatan untuk maju yang didapat tubuh dihasilkan dari kekuatan untuk menahan hambatan dan mendorong maju. Kekuatan dorongan ini dihasilkan dari gerakan tangan dan kaki untuk mendorong tubuh maju ke depan.

Gaya Renang

Ada beberapa macam gaya renang yang biasa dilakukan oleh para atlet renang, antara lain:

  1. Gaya Bebas

renang gaya bebas

renang gaya bebas

Gaya ini adalah gaya yang paling banyak digunakan oleh perenang, yaitu dengan menelungkupkan badan di permukaan air dan bahu agak kebelakang. Tangan melakukan gerakan menarik, dan kaki melakukan gerakan mendorong sehingga tubuh bisa bergerak untuk maju. Posisi kaki terletak di beberapa inci di bawah permukaan air. Agar tubuh tetap stabil, jangan lupa untuk fokus mempertahankan pandangan mata dan wajah ke depan.

  1. Gaya Punggung

renang gaya punggung

renang gaya punggung

Biasa disebut dengan posisi terlengtang karena punggung menghadap ke air. Tidak jauh beda dengan gaya bebas. Hanya saja, pada gaya punggung pandangan mata menatap ke atas sehingga lebih mudah untuk menatap ke atas dan bernafas. Sayangnya, gaya ini menyulitkan perenang untuk menentukan arah maju karena mata menatap ke atas. Untuk mempermudah gerakan, usahakan pergelangan kaki tetap lemas serta punggung dan kaki harus lebih aktif untuk gerak ke atas.

  1. Gaya Dada

renang gaya dada

renang gaya dada

Karena gerakannya mirip gerakan katak saat berenang di air maka tak heran jika gaya renang dada biasa disebut dengan gaya katak. Gerakan ini menharuskan perenang untuk merangkak di dalam air dengan kombinasi gerakan tangan dan kaki. Tangan dan kaki berada di dalam air, sedangkan posisi kepala naik turun ke dalam dan ke luar air. Untuk pandangan mata sendiri memudahkan perenang untuk bergerak maju karena bisa melihat ke depan.

  1. Gaya Kupu-Kupu

renang gaya kupu kupu

renang gaya kupu kupu

Mengapa disebut gaya kupu-kupu? Karena kombinasi kedua tangan perenang mengepak untuk bisa bergerak maju mirip gerakan sayap kupu-kupu. Dari sekian macam gaya renang, gaya kupu-kupu memang agak sulit untuk dipelajari. Karena untuk melakukan gaya ini diperlukan tenaga yang cukup besar, koordinasi gerak dan irama yang sangat baik. Kedua tangan perenang membentang lalu kemudia mengayuh agar tubuh bisa meju ke depan.

Itu dia berbagai informasi mengenai pengertian, manfaat, prinsip, serta gaya olahraga renang. Banyak yang menyukai olahraga ini. Karena selain menyenangkan, juga banyak manfaat yang bisa didapat. Terlebih lagi olahraga renang sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin meninggikan badan ataupun menurunkan berat badan.

Maka tak heran jika banyak orang yang menyewakan kolam renang yang dimilikinya bagi mereka yang ingin belajar berenang. Jika anda termasuk salah satu penggemar olahraga ini, namun belum bisa berenang, anda bisa mengunjungi kursus singkat latihan renang yang banyak dibuka oleh para mantan atlet ataupun pelatih renang. Jika masih mempunyai informasi lain mengenai olahraga ini, silahkan berbagi pada kolom komentar yang ada di bawah ini. Mungkin informasi anda akan sangat berguna bagi pembaca lainnya.

Pengertian Sepak Bola, Teknik, Tujuan, Sejarah & Aturan
Pengertian Sepak Bola, Teknik, Tujuan, Sejarah & Aturan
Apa Itu Sepakbola? Daftar Isi Apa Itu
Loncat Indah: Pengertian, Sejarah, Peraturan dan Gaya
Loncat Indah: Pengertian, Sejarah, Peraturan dan Gaya
Teknik Dasar Loncat Indah Dan Peraturan Penting
Lempar Lembing – Pengertian, Sejarah, Teknik, Cara
Lempar Lembing – Pengertian, Sejarah, Teknik, Cara
Lempar Lembing, Olahraga Gabungan Dari Kecepatan, Kekuatan,
Tolak Peluru: Pengertian, Gaya, Teknik, Peraturan
Tolak Peluru: Pengertian, Gaya, Teknik, Peraturan
Tolak Peluru: Olahraga Yang Memperkuat Otot Tangan,
Must read×

Top